ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2015)

ZUHITA WILDATUL MUFIDAH, NIM. 11390009 (2018) ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2015))
11390009_BAB-I_BAB-5_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2015))
11390009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari faktor fundamental dan risiko sistematik terhadap return sham syari‟ah. Faktor fundamental dalam studi ini diproksikan oleh: (1) Profitabilitas (Earning per Share), (2) leverage (Dept to Equity Ratio), (3) likuiditas (Current Ratio), dimana risiko sitematik diproksikan dengan beta (β). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan sektor makanan dan minuman yang ada di Indonesia Stock Exchange (IDX) yang tergabung dalam Index Saham Syari‟ah (ISSI). Periode observasi penelitian ini dimulai dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan perusahaan tersebut mempublikasikan laporan keuangan selama masa periode penelitian. Penelitian ini menggunakan model dengan data panel dan menggunakan aplikasi eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada berdasarkan Uji F, variabel independen berpengaruh terhadap return saham syari‟ah, ditujukkan dengan nilai F sebesar 2.873326 dan signifikansi sebesar 0.033985, secara keseluruhan variabel independen mampu menjelaskan pengaruh sebesar 13,75%. Sedangkan berdasarkan Uji t parsial, menunjukkan bahwa profitabilitas (EPS), leverage (DER) dan likuiditas (CR) ketiganya berpengaruh positif signifikan, sementara itu risiko sistematis yang diukur dengan β tidak berpengaruh terhadap return saham syari‟ah. Penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas (EPS), leverage (DER) dan likuiditas (CR) masih relevan dalam mempengaruhi return saham. Untuk pengaruh profitabilitas (EPS) terhadap return saham ditemukan hasil yang mendukung teori nilai kandungan informsi. Kemudian leverage yang diproksikan dengan (DER) ditemukan hasil yang mendukung teori MM. Sedangkan likuiditas (CR) terhadap return saham juga mendukung signaling theory. Penelitian ini diperoleh hasil yang mengkorfirmasi penelitian sebelumnya, dimana terdapat pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap return saham syari‟ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas (EPS), Leverage (DER), likuiditas, Risiko sistematis (β) return saham, Regresi data Panel.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2019 10:45
Last Modified: 14 Feb 2019 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33164

Actions (login required)

View Item View Item