DESAIN POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI DI MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)

BAETY MUSTIKA SARI, SPDI, NIM. 1420421024 (2018) DESAIN POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI DI MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DESAIN POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI DI MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA))
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DESAIN POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI DI MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA))
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Updated Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah/madrasah. Di Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta nilai rata-rata UASBN tahun ajaran 2016/2017 mengalami penurunan. Ini merupakan alah satu bukti bahwa mutu lulusan madrasah mengalami penurunan. Hal ini tentunya dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kinerja guru. Sedangkan baik buruknya kinerja guru akan tergantung juga dengan salah satunya yaitu kepemimpinan kepala madrasah. Dalam memimpin seorang kepala madrasah mempunyai gaya/karakteristik untuk mempengaruhi guru agar dapat mencapai tujuan pendidikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui keadaan kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta. Kedua, untuk mengetahui keadaan kinerja guru di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta. Ketiga, untuk menentukan desain kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah yang ideal yang dapat diterapkan di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori tentang kepala madrasah, macam-macam gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kepemimpinan kepala madrasah di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta sudah termasuk baik karena gaya kepemimpinan yang selama ini diterapkan adalah demokratis (partisipatif). Kedua, kinerja guru di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta beragam, 3 guru mempunyai kinerja yang buruk dan 9 guru berkinerja baik, akan tetapi secara keseluruhan kinerja guru di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta dapat dikatakan baik. Ketiga, desain pola kepemimpinan yang ideal yang dapat diterapkan yaitu: a) Gaya kepemimpinan instruksi untuk 1 guru, b) Gaya kepemimpinan konsultasi untuk 2 guru, dan gaya kepemimpinan delegatif untuk 11 guru, sedangkan gaya kepemimpinan yang dapat digunakan untuk keseluruhan guru-guru di MI Al Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta adalah gaya kepemimpinan deletif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:51
Last Modified: 14 Feb 2019 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33166

Actions (login required)

View Item View Item