MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA BANGSA YOGYAKARTA

Rizqa Octarina, NIM :1620410054 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA BANGSA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA BANGSA YOGYAKARTA)
1620410054_HALAMAN JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA BANGSA YOGYAKARTA)
1620410054_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran multikultural di Taman Kanak-Kanak Yogyakarta. Berawal dari munculnya paradigma multikultural di Indonesia yang diyakini sebagai alternatif pemecahan konflik yang berisukan SARA. Dengan adanya penerapan manajemen pembelajaran multikultural di sekolah Cinta Bangsa maka diharapkan mampu untuk memberikan contoh kepada masyarakat pada hakikatnya keberagaman akan indah apabila terjaga dengan baik. Guru sebagai pengelola pembelajaran diharapkan dapat mengatur, memimpin proses kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dengan tema Manajemen Pembelajaran Multikultural di Taman Kanak-Kanak Yogyakarta menunjukkan bahwa pertama, guru telah melaksanakan empat fungsi manajemen dalam pembelajaran multikultural. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran mencakup rencana pembelajaran jangka panjang dan pendek. Pengorganisasian pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan metode, dan alokasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran dapat dilihat dari pedoman penilaian pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Kedua, hasil pencapaian dari pembelajaran multikultural adalah adanya beberapa sikap yang merupakan bagian dari mulikultural seperti demokrasi, keadilan, kesetaraan, toleransi, kedamaian, dan kebersamaan. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Multikultural
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:13
Last Modified: 20 Mar 2019 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33180

Actions (login required)

View Item View Item