IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA MAN I YOGYAKARTA (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik)

KHABIBUL KHOIRI, NIM:1620410055 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA MAN I YOGYAKARTA (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA MAN I YOGYAKARTA (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik))
1620410055_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA MAN I YOGYAKARTA (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik))
1620410055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Khabibul Khoiri, 1620410055, 2018. Implementasi Program Lingkungan Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa Asrama MAN I Yogyakarta (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik). Implementasi program lingkungan bahasa Arab di asrama MAN I Yogyakarta merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa. Douglas Brown menyatakan bahwa keberhasilan dalam mempelajari bahasa sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sebab bahasa merupakan produk sosial, dimana setiap individu tumbuh dan menyerap kebahasaan dalam komunitasnya. Namun berdasarkan data yang diperoleh peneliti melalui observasi menyatakan bahwa kompetensi siswa terhadap penguasaan keterampilan bahasa Arab belum mencapai standar kompetensi yang diharapakan. sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan program lingkungan bahasa Arab yang diimplementasikan di asrama MAN I Yogyakarta. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah proses interaksi antara pembimbing dan siswa dalam kegiatan berbahasa Arab pada program lingkungan bahasa Arab di asrama MAN I Yogyakarta, 2) apa saja bentuk-bentuk simbol yang digunakan oleh pembimbing dan siswa dalam proses interaksi, 3) bagaimanakah bentuk peran pembimbing dan siswa dalam melaksanakan program lingkungan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis perspektif teori interaksionisme simbolik, dengan fokus kajian yaitu implementasi program lingkungan bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa asrama MAN I Yogyakarta. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) implementasi program lingkungan bahasa Arab di asrama MAN I Yogyakarta merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab, yaitu dengan cara: a) menciptakan pembelajaran Istimā’, Kalām, Qirā’ah, dan Kitābah, b) memberikan latihan-latihan kepada siswa dalam bentuk tes TOAFL dan muhādatsah yaumiyyah, c) membentuk sebuah peraturan yang bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kedisiplinan dalam berbahasa Arab. 2) proses interaksi atau komunikasi antara pembimbing dan siswa dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab baik didalam maupun diluar pembelajaran. 3) bentuk-bentuk simbol yang digunakan dalam proses interaksi meliputi bahasa lisan dan bahasa tulisan yang berbahasa Arab. 4) pembimbing memiliki peran sebagai pelaksana sekaligus penanggung jawab terhadap suksesnya program lingkungan bahasa Arab. sedangkan peran siswa adalah ikut serta dalam melaksanakan program tersebut dalam bentuk belajar bahasa yaitu dengan mengkomunikasikan bahasa Arab didalam proses interaksi. Kata Kunci : Interkasionisme Simbolik, Keterampilan Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Interkasionisme Simbolik, Keterampilan Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:13
Last Modified: 20 Mar 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33181

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum