PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI LUAR PONDOK PESANTREN PADA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL

Atika Fitriyani Pramudita, NIM. 14410017 (2018) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI LUAR PONDOK PESANTREN PADA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI LUAR PONDOK PESANTREN PADA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL)
14410017_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI LUAR PONDOK PESANTREN PADA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL)
14410017_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, motivasi sering dipandang sebagai faktor yang paling dominan yamg mempengaruhi prestasi belajar termasuk prestasi belajar PAI. Setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. Bila di lihat dari sisi tempat tinggalnya siswa MAN 4 Bantul dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren atau yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar PAI siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar PAI dari keduanya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Bantul sebanyak 128 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan jenis Sampling Jenuh dimana seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi analisis komparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa yang tinggal di pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul di kategorikan tinggi dengan jumlah mean sebesar 84,70 dan standar deviasi sebesar 8,437. (2) Tingkat motivasi belajar PAI siswa yang tinggal diluar pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul dikategorikan cukup dengan jumlah mean sebesar 80,75 dan standar deviasi sebesar 7,990. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal diluar pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul ditunjukkan dengan taraf signifikansi sebesar 0,039 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar PAI, Siswa Pondok Pesantren, Siswa Luar Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 14:56
Last Modified: 14 Feb 2019 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum