PEMBIASAAN DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I BANTUL YOGYAKARTA

FITRI KHOIRIAH, NIM. 14410018 (2018) PEMBIASAAN DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBIASAAN DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I BANTUL YOGYAKARTA)
14410018_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PEMBIASAAN DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I BANTUL YOGYAKARTA)
14410018_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan hanya memperhatikan aspek kognitif semata daripada pertumbuhan kesadaran nilai-nilai ajaran islam yaitu kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama, akibatnya akan terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan pengamalan antara teori dan praktik dalam kehidupan kehidupan, sehingga tidak bisa membentuk pribadi yang bermoral padahal intisari pendidikan agama adalah pendidikan moral. Maka sudah seharusnya proses pembelajaran agama islam memerlukan perhatian yang sangat serius salah satunya melalui pembiasaan perilaku islami. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai pembiasaan dan aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa saja pembiasaan nilai-nilai keagamaan di SMP Negeri I Bantul Yogyakarta, dan untuk mengetahui Bagaimana aktualisasi nilai-nilai keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri I Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di SMP Negeri I Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan triaggulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan yang diterapkan di SMP Negeri I Bantul Yogyakarta sudah berjalan dengan baik dan siswa turut antusias dalam melaksanakan pembiasaan. Adapun pembiasaan pembiasaan yang diterapkan di SMP Ngeri I Bantul Yogyakarta dalam bentuk akhlak adalah pembiasaan berjabat tangan “5S”. Sedangkan pembiasaan dalam bentuk ibadah seperti pembiasaan tadarus every morning dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah. keagamaan, guru menerapkan beberapa pengamalan yaitu (a) pengamalan aqidah seperti Mengenalkan asmaul husna dengan cara bercerita dan mengenalkan Al-Quran kepada peserta didik melalui hafalan, (b) pengamalan syariah seperti mengenalkan shalat 5 waktu dan wudhu’, dan (c) pengamalan dalam bidang akhlak seperti mengenalkan akhlak pada Allah, mengenalkan akhlak pada diri sendiri, dan mengenalkan akhlak pada keluarga. Adapun metode yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik di SMP Negeri I Bantul Yogyakarta yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Aktualisasi Nilai-nilai Keagamaan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 15:04
Last Modified: 14 Feb 2019 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum