HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA

RIFQIYYATUSH SHOLIHAH AL-MAHIROH, NIM.14410021 (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
144100221_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
144100221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, terdapat masalah terkait dengan motivasi belajar PAI siswa di SMA Sains Wahid Hasyim yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang kondusif seperti siswa keluar kelas ketika pembelajaran PAI berlangsung, tidak mengumpulkan tugas yang diberikan guru serta kurangya komunikasi interaktif antara siswa dan guru di kelas. Motivasi merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam melakukan segala aktivitasnya Motivasi belajar PAI siswa SMA Sains Wahid tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tentang presepsi tentang pembelajaran PAI. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana tingkat persepsi siswa terhadap pembelajaran PAI di SMA Sains Wahid Hasyim, Bagaimana tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim, Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi belajar PAI dan tingkat persepsi siswa tentang pembelajaran PAI serta untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan persepsi siswa tentang pembelajaran PAI. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim sejumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan untuk mencari hubungan antara persepsi siswa tentang pembelajaran PAI dengan motivasi belajara PAI siswa kelas X adalah analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas X di kategorikan baik dengan jumlah mean sebesar 75,38 dan standart devisiasi sebesar 8,421. (2) Tingkat persepsi siswa tentang pembelajaran PAI siswa kelas X dikategorikan cukup baik dengan jumlah mean sebesar 64,92 dan standart devisiasi sebesar 10,748. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim. (rxy = 0,291, p (one-tailed)= 0,037 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar PAI, Persepsi Siswa tentang Pembelajaran PAI.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 15:29
Last Modified: 14 Feb 2019 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum