PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

GAFURURRAHIM, NIM. 1620410009 (2018) PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620410009, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620410009_BAB-II sampai_SEBELUM BAB TERAKHIR,.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemahiran berbahasa Arab yang meliputi kemahiran menyimak, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis Pembelajaran kooperatif mementingkan keberhasilan kelompok daripada individu, sehingga keberhasilan dalam menguasai tanpa melihat siswa ataupun latar belakang siswa tersebut, bahasa Arab dapat diraih bersama-sama tanpa pandang bulu .Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) mengapa pembelajaran Bahasa Arab di MA Muhammadiyah 1 yogyakarta menerapkan Pembelajaran kooperatif, 2) Bagaimana pembelajaran Mahārah Al-Kalām dengan Model kooperatif di MA Muhammadiyah 1 yogyakarta, 3) Bagaimana implikasi pembelajaran kooperatif terhadap Mahārah Al-Kalām peserta didik di MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Peneliti menggunakan penelitian ini untuk memperoleh data secara lebih mendalam mengenai kemahiran berbicara Bahasa Arab. Adapun objek penelitian ini adalah siswa, guru dan proses pembelajaran Bahasa Arab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis perspektif model cooperative learning, dengan fokus kajian yaitu Pembelajaran Mahārah Al-Kalām di MA Muhammadiyah1 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pembelajaran Mahārah Al- Kalām merupakan hal yang semestinya di lakukan dalam Pembelajaran Bahasa Arab, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. 2) Proses interaksi atau komunikasi antara guru dan siswa dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab yang baik didalam pembelajaran dan lebih mengesankan tatkala di terapkan dengan model kooperatif. 3) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam proses interaksi meliputi bahasa lisan dan bahasa tulisan yang berbahasa Arab. 4) Guru memiliki peran sebagai pelaksana sekaligus penanggung jawab terhadap program lingkungan bahasa Arab. Sedangkan peran siswa adalah ikut serta dalam melaksanakan program tersebut dalam bentuk belajar bahasa yaitu dengan mengkomunikasikan bahasa Arab didalam proses interaksi sesama siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Ema Marhumah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara (Mahārah Al-Kalām), Model Pembelajaran Kooperatif.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Feb 2019 10:24
Last Modified: 15 Feb 2019 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum