PENGARUH METODE QURAN MEMORIZATION TOOLS TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ QUR’ĀN SŪRAH AL-QĀRI’AH)

DERI YATUS SOLIHIN, NIM. 1620410021 (2018) PENGARUH METODE QURAN MEMORIZATION TOOLS TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ QUR’ĀN SŪRAH AL-QĀRI’AH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE QURAN MEMORIZATION TOOLS TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ QUR’ĀN SŪRAH AL-QĀRI’AH))
1620410021_Deri Yatus Solihin_BAB I, BAB V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE QURAN MEMORIZATION TOOLS TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ QUR’ĀN SŪRAH AL-QĀRI’AH))
1620410021_Deri Yatus Solihin_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Studi Eksperimen dalam Pembelajaran Taḥfīẓ Qur‟ān Sūrah Al-Qāri‟ah) Salah satu lembaga yang mencanangkan serta mengunggulkan pembelajaran Taḥfīẓ Qur‟ān adalah SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan guru dalam bidang tahfiz masih banyak mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran Taḥfīẓ Qur‟ān. Oleh karena itu peneliti ingin menawarkan sebuah metode Quran Memorization Tools agar tujuan dalam pembelajaran Taḥfīẓ Qur‟ān diharapkan bisa tercapai. Selain itu juga peneliti ingin melihat pengaruh serta hasil ketika metode Quran Memorization Tools dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi eksperimental,tipe Non equivalent control group desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPIT Masjid Syuhada yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas VII A yang berjumlah 23 siswa se bagai kelompok kontrol dan kelas VIIB berjumlah 23 siswa sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Penerapan metode QuranMemorization Tools Berpengaruh terhadap kemampuan menghafal siswa. Uji analisis data menunjukkan harga (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05 dengan rata-rata nilai pretest-Postest kelompok eksperimen sebesar 48,70 - 85,91, ratarata nilai pretest-postest kelompok kontrol sebesar 44,78-77,35. 2). Penerapan metode Quran Memorization Tools terhadap kemampuan menghafal siswa, memberikan hasil rata-rata postest lebih tinggi dibanding kelas kontrol yakni sebesar 85,91 (kelompok eksperimen), dan 77,35 (kelompok kontrol) dan hasil (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr, Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Quran Memorization Tools, kemampuan menghafal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Feb 2019 10:37
Last Modified: 15 Feb 2019 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum