PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI TAJEN (PERMATA) DUSUN TAJEN SIDOMOYO GODEAN YOGYAKARTA

IRVAN FADLI KURNIA, NIM. 14410057 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI TAJEN (PERMATA) DUSUN TAJEN SIDOMOYO GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI TAJEN (PERMATA) DUSUN TAJEN SIDOMOYO GODEAN YOGYAKARTA)
14410057_BAB-I_IV-atau-BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI TAJEN (PERMATA) DUSUN TAJEN SIDOMOYO GODEAN YOGYAKARTA)
14410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan karakter akibat kurangnya kesadaran pemuda dan pemudi akan pentingnya pendidikan karakter Islam. Hal ini seperti yang ada pada Organisasi Permata, berbagai kegiatan telah dilaksanakan namun kesadaran akan adanya pendidikan karakter Islam masih kurang disadari. Untuk itu berbagai pihak baik dari masyarakat maupun pihak organisasi senantiasa berupaya menanamkan, meningkatkan dan mempertahankan adanya implementasi pendidikan karakter Islam guna meningkatkan kesadaran pemudanya sehingga dapat tercipta pemuda dan pemudi yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program dan pelaksanaan, materi, serta hasil yang dicapai dari adanya pendidikan karakter Islam pada Organisasi Permata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan latar Organisasi Persatuan Muda-Mudi Tajen Dusun Tajen Sidomoyo Godean Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna inilah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Program dan pelaksanaan pendidikan karakter Islam pada Organisasi Permata di antaranya: pranata adicara, pengajian rutin, dan rapat rutin. (2) Materi pendidikan karakter Islam pada Organisasi Permata di antaranya: jujur, menjenguk orang sakit, tanggung jawab, melayat/takziyah, disiplin, sopan santun, nasionalisme, kebersihan lingkungan. (3) Hasil yang dicapai dari pelaksanaan pendidikan karakter pada Organisasi Permata di antaranya meningkatnya kedisiplinan, adanya pengembangan bahasa Jawa, meningkatnya sikap sopan santun, meninggaktanya rasa tanggung jawab, meningkatnya antusiasme dalam pengajian rutin, meningkatnya kebersihan lingkungan, jiwa sosial tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Islam, Organisasi Permata
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 11:13
Last Modified: 15 Feb 2019 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum