HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KEGIATAN MUBALIGH HIJRAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS XI DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ALIFANI IZUDDIN HABIBURRAKHMAN 3, NIM. 1441006 (2018) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KEGIATAN MUBALIGH HIJRAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS XI DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KEGIATAN MUBALIGH HIJRAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS XI DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KEGIATAN MUBALIGH HIJRAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS XI DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14410063_BAB II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang notabene pondok pesantren yang seharusnya tingkat kecerdasan spiritualnya relatif tinggi, masih banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh siswanya, khususnya kelas XI. Siswa kelas XI Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berada dari masa transisi, dari Tsanawiyah ke Aliyah, sehingga banyak terjadi pelanggaran pelanggaran mulai dari berbohong kepada musyrif dan keluar asrama atau membolos tanpa izin. ketika seseorang memiliki kecerdasan spiritual yang baik maka kejadian tersebut tidak akan terjadi. Sehingga pada kelas X, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Dengan kegiatan ini, diharapkan kecerdasan spiritual para siswa meningkat. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan efektivitas kegiatan mubaligh hijrah dengan kecerdasan spiritual. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : seberapa tinggi tingkat kecerdasan spiritual dan seberapa efektif kegiatan mubaligh hijrah serta adakah hubungan antara efektivitas kegiatan mubaligh hijrah dengan kecerdasan spiritual pada kelas XI di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara efektivitas kegiatan mubaligh hijrah dengan kecerdasan spiritual kelas XI di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat kuantitatif, yang dilakukan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan sampel sebanyak 119 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Angket kecerdasan spiritual sebanyak 34 item pernyataan, dan angket efektivitas kegiatan mubaligh hijrah sebanyak 22 item pernyataan. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas normalitas dan linearitas, sedangkan untuk analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kecerdasan Spiritual siswa tergolong sedang karena terletak pada interval 100 – 109 dengan presentase 46.2%, 2) Efektivitas Kegiatan Mubaligh Hijrah tergolong pada katagori cukup efektif karena terletak pada inerval 67 – 72 dengan presentase 43,7%, 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas kegiatan mubaligh hijrah dengan kecerdasan spiritual yang ditandai oleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,585 yang termasuk kategori sedang dan tingkat signifikansi dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mubaligh Hijrah, Efektivitas Kegiatan Mubaligh Hijrah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:22
Last Modified: 15 Feb 2019 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33218

Actions (login required)

View Item View Item