PENGAPLIKASIAN PERSON-CENTERED COUNSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA

Kiptiyah, NIM. 14410137 (2018) PENGAPLIKASIAN PERSON-CENTERED COUNSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAPLIKASIAN PERSON-CENTERED COUNSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA)
14410137_BAB_I_BAB_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGAPLIKASIAN PERSON-CENTERED COUNSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA)
14410137_BAB_II_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran PAI disebabkan berbagai faktor, sehingga perlu diberikan penanganan khusus yang dapat membantu mereka belajar dengan baik tanpa mengalami kesulitan. Dengan adanya bimbingan konseling di sekolah dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah belajar. Siswa dapat mengungkapkan beban batinya dan mendapat dorongan, saran atau motivasi dalam menyelesaikan masalahnya. Pengaplikasian Person-Centered Counseling diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi kesulitan belajar melalui bimbingan individu yang dilakukan guru PAI bekerjasama dengan guru BK, Kepala sekolah, Wali kelas maupun wali murid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 3 Kalasan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakaan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan (1) bentuk kesulitan belajar PAI yang dialami siswa kelas VII beserta penanganan yang dilakukan oleh guru PAI yakni kesulitan belajar berupa kesulitan membaca tulisan Arab, kesulitan memahami materi, menghafal, konsentrasi, kesulitan komunikasi dan lain sebagainya. Penanganan sederhana yang diberikan seperti melakukan remedial, pengayaan, pemberian motivasi dan bimbingan belajar, (2) aplikasi Person-Centered Counseling dalam menangani kesulitan belajar PAI kelas VII secara umum mampu dipraktekkan oleh guru BK, yakni guru dan siswa bertatap muka dalam bimbingan, guru menganalisis sebab-sebab siswa mengalami kesulitan belajar, merespon bagaimana siswa menyikapi atau mengambil keputusan, dan peran guru dalam menguatkan, memberi motivasi dan juga sebagai pendengar yang baik bagi siswa dan sebagainya, meskipun guru belum mampu menerapkan secara keseluruhan teori Person-Centered Counseling sebagai mana mestinya melainkan hanya sekedar praktik (3) perkembangan belajar setelah diaplikasikan Person-Centered Counseling dalam menangani kesulitan belajar PAI pada siswa kelas VII berupa adanya kesadaran siswa, peningkatan belajar, perubahan sikap, dan adanya dorongan motivasi siswa untuk giat belajar dan mendalami ilmu Agama sehingga mampu mengamalkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Person-Centered Counseling, Kesulitan Belajar, PAI
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 15:45
Last Modified: 15 Feb 2019 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum