PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA

MA’RUF BIN HUSEIN, NIM.14410128 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
14410128_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
14410128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pelajaran maḥfūẓāt merupakan salah satu rumpun bidang studi bahasa Arab yang meningkatkan gaya bahasa dan susunan kalimat (uslub) bahasa Arab yang indah kepada para siswa Namun tujuanya adalah menanamkan pedoman hidup, motivasi dalam diri siswa sehingga mampu membentuk akhlak yang baik dalam diri setiap siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran maḥfūẓāt siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, untuk mengetahui prilaku akhlak kepada sesama manusia pada siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, untuk menguji secara empiris pengaruh pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A, B, dan IX A,B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi dan uji regresi sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran maḥfūẓāt berjalan dengan baik, terdapat tiga langkah pokok dalam pembelajaran maḥfūẓāt yaitu, pembukaan, pembahasaan, evaluasi. Dalam menyampaikan pelajaran maḥfūẓāt pengajar menggunakan pendekatan kontekstual. 2) perilaku akhlak kepada sesame manusia pada siswa tergolong baik, para siswa memiliki kepribadian yang baik. Beberapa prilaku siswa : saling menyapa, tawadu’, ikhlas, sopan, dan taat. 3) Ada pengaruh positif dalam proses pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa Mts Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta (R Square 0,201). Pengaruh tersebut sebesar 20,1% sedangkan 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain selain pembelajaran maḥfūẓāt. yang ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor internal yaitu keadaaan siswa itu sendiri, yang meliputi latar belakang pemahaman ajaran agama dan konsep diri dan faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar siswa, yang meliputi pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan lingkungan masyarakat, dimana perkembangannya sangat dipengaruhi faktor lingkungan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran maḥfūẓāt , Akhlak, Kepada sesama manusia
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 16:14
Last Modified: 15 Feb 2019 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum