KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Lely Lystyawati, NIM. 11680040 (2018) KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
11680040_BAB I_ BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
11680040_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal. Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo. Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi 95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal. Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo. Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi 95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 10:00
Last Modified: 16 Feb 2019 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum