PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN

Zaria Triana Wahyuningtyas, NIM. 14680003 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN)
14680003_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN)
14680003_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif siswa kelas XI di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk penelitian Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen Jigsaw dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen Jigsaw berbasis SAVI. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data motivasi berupa lembar angket dan hasil belajar siswa berupa lembar test soal pretest dan posttest. Analisis data motivasi belajar menggunakan Kruskal Wallis Test, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) secara signifikan tidak terdapat pengaruh motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,274 > 0,05, dan secara signifikan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan hasil pengujian One Way Anova untuk skor N-gain siswa menunjukkan Sig. sebesar 0,022 < 0,0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, SAVI, Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 11:22
Last Modified: 16 Feb 2019 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum