PENGEMBANGAN MEDIA AWETAN INVERTEBRATA DENGAN TEKNIK BIOPLASTIK SEBAGAI MEDIA BIOMONITORING DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Iin Musannadah, NIM. 14680022 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AWETAN INVERTEBRATA DENGAN TEKNIK BIOPLASTIK SEBAGAI MEDIA BIOMONITORING DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA AWETAN INVERTEBRATA DENGAN TEKNIK BIOPLASTIK SEBAGAI MEDIA BIOMONITORING DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
14680022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA AWETAN INVERTEBRATA DENGAN TEKNIK BIOPLASTIK SEBAGAI MEDIA BIOMONITORING DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
14680022_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media awetan invertebrata dengan teknik bioplastik dan mengetahui kualitasnya sebagai media pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama yaitu penelitian lapangan yang dilakukan untuk pengambilan biota yang akan diawetkan. Tahap kedua yaitu penelitian pengembangan. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, Evaluation). Model yang digunakan dalam penelitian ini tanpa tahap Implementasi, melainkan uji coba terbatas. Produk yang dihasilkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan siswa kelas XI SMA N 1 Banguntapan. Hasil penelitian didapatkan 13 Famili invertebrata yang digunakan sebagai bioindikator dalam biomonitoring dan dapat diawetkan. Hasil penelitian tersebut kemudian dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan awetan invertebrata dengan teknik bioplastik sebagai media biomonitoring dalam materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian pengembangan tersebut adalah kualitas media awetan invertebrata dengan teknik bioplastik yang dikembangkan menurut ahli materi berkategori baik dengan persentase sebesar 82%, berkategori sangat baik menurut ahli media dan peer reviewer dengan masing-masing persentase sebesar 97% dan 92%. Penilaian media oleh guru mata pelajaran biologi menunjukkan bahwa media awetan invertebrata dengan teknik bioplastik termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77,6%. Hasil respon siswa mengenai media awetan invertebrata dengan teknik bioplastik ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 98,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Susilowati, MA., M.IWM.,
Uncontrolled Keywords: media awetan, bioplastik, biomonitoring, pencemaran air
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 12:19
Last Modified: 16 Feb 2019 12:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum