IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUHAMMAD IRFAN FADHOLI, NIM. 14410127 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14410127_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14410127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah idealnya pendekatan saintifik dalam pembelajaran bisa engantarkan siswa dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Namun selama ini di SMA N 1 Kalasan belum ada penelitian tentang bagaimana implementasi pendekatan saintifik serta sejauh mana pendektan saintifik itu dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Padahal SMA N 1 Kalasan sendiri merupakan sekolah rujukan untuk daerah Sleman. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan bagaimana analisis pendekatan saintifik tersebut dalam pengembangan High Order Thinking Skills (HOTS). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 1 Kalasan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pendekatan Psikologi Pendidikan, dengan menggunakan metode berpikir induktif yang didukung oleh data kualitatif, dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pedekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kalasan sesuai dengan indicator dalam pendekatan saintifik yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan, mengkomunikasikan. Pelaksanaan pendekatan saintifik ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang keseluruhannya saling mendukung untuk pembelajaran level HOTS. (2) Pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kalasan dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Hal ini dibuktikan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi mengandung indikator HOTS. Indikator HOTS yang paling dominan adalah menganalisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suwadi, M. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, High Order Thinking Skills, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 01:16
Last Modified: 18 Feb 2019 01:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33244

Actions (login required)

View Item View Item