PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS ANDROID UNTUK BIOMONITORING KUALITAS AIR SUNGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM SUBMATERI PENCEMARAN AIR

HENI ZULAIHA, NIM. 14680028 (2018) PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS ANDROID UNTUK BIOMONITORING KUALITAS AIR SUNGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM SUBMATERI PENCEMARAN AIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS ANDROID UNTUK BIOMONITORING KUALITAS AIR SUNGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM SUBMATERI PENCEMARAN AIR)
14680028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS ANDROID UNTUK BIOMONITORING KUALITAS AIR SUNGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM SUBMATERI PENCEMARAN AIR)
14680028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menghasilkan Bio-pocketbook berbasis Android tentang biomonitoring kualitas air sungai sebagai sumber belajar dalam submateri pencemaran air kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas Biopocketbook berbasis Android tentang biomonitoring kualitas air sungai sebagai sumber belajar dalam submateri pencemaran air kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembnagan ADDIE dan dibatasi pada tahap ADDE. Penelitian ini ada dua tahapan yaitu pengambilan makroinvertebrata dengan melakukan BIOTILIK dan tahapan kedua yaitu pengembangan Bio-pocketbook berbasis Android. Pada tahap pengambilan makroinvertebrata dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2018 di tiga stasiun yaitu Kali Kuning, Sungai Babarsari dan Sungai Gajah Wong. Metode yang digunakan yaitu observasi dengan lima titik pengamatan yang berbeda. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 13 famili di stasiun satu, 12 famili di stasiun dua dan 14 famili di stasiun tiga. Hasil dokumentasi dari masingmasing famili digunakan dalam pengembangan bio-pocketbook berbasis android. Kualitas produk Bio-pocketbook berbasis android tentang Biomonitoring kualitas air sungai sebagai sumber belajar dalam submateri pencemaran air kelas X SMA/MA menurut ahli media termasuk kategori sangat baik dnegan persentase 92%, ahli materi termasuk kategori baik dengan persentase 81%, peer reviewer dengan kategori sangat baik dengan persentase 90%, guru biologi kategori baik dengan persentase 79% dan hasil respon peserta didik mendapat kategori sangat baik dengan persentase 94,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bio-pocketbook berbasis android dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar mandiri siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Bio-pocketbook, biomonitoring, sumber belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 01:50
Last Modified: 18 Feb 2019 01:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33249

Actions (login required)

View Item View Item