PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENYADARKAN SISWA AKAN LINGKUNGANNYA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL

TRI RATNA ASIH WIYATI, NIM. 14410115 (2018) PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENYADARKAN SISWA AKAN LINGKUNGANNYA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENYADARKAN SISWA AKAN LINGKUNGANNYA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL)
14410115_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENYADARKAN SISWA AKAN LINGKUNGANNYA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL)
14410115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR .pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya bencana akibat ulah manusia akan minimnya kesadaran terhadap lingkungan. Pendidikan mengenai lingkungan menjadi mutlak karena manusia dan lingkungan itu merupakan dua unsur pokok yang saling menentukan, jika lingkungan rusak maka manusia yang celaka. Program adiwiyata merupakan program unggulan SMK N 1 Ngawen Gunungkidul. Dalam program tersebut peran guru PAI yaitu sebagai pelaksana dan pendorong program adiwiyata.Dalam mata pelajaran PAI terdapat materi mengenai lingkungan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan di SMK N 1 Ngawen Gunungkidul, bagaimana peran guru PAI dalam upaya menyadarkan siswa akan lingkungannya dan apa faktor pendukung dan penghambat bagi guru PAI dalam upaya menyadarkan siswa akan lingkungannya melalui program adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa akan lingkungan, peran guru PAI dalam upaya penyadaran lingkungan, dan factor pendukung dan penghambat guru PAI dalam upaya penyadaran lingkungan melalui program adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMK N 1 Ngawen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan triangulasi sumber, metode, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kesadaran siswa di SMK N 1 Ngawen menunjukkan hasil yang bagus. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kegiatan siswa dalam menjaga lingkungannya seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan, mencuci tangan, meminimalisir sampah plastik, dan menghemat energi.(2) Peran guru PAI dalam upaya penyadaran lingkungan melalui program adiwiyata adalah sebagai (a) Kreator, (b) Manager, (c) Motivator, (d) Controlling.(3)Faktor pendukung dalam upaya menyadarkan siswa akan lingkungannya di SMK N 1 Ngawen Gunungkidul diantaranya adalah peran dari kepala sekolah yang mendukung program tersebut, peran guru yang turut peduli terhadap lingkungan, peserta didik yang cenderung mudah diarahkan, sarana prasarana yang memadai, dan peran masyarakat. Sedangkan factor penghambat adalah adanya sikap siswa yang masih kurang peduli terhadap lingkungan, dan adanya masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kesadaran Lingkungan, Program Adiwiyata.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:23
Last Modified: 18 Feb 2019 02:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33255

Actions (login required)

View Item View Item