PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK SMP NEGERI 2 LENDAH KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

IIN MARSITA, NIM. 11690024 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK SMP NEGERI 2 LENDAH KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK SMP NEGERI 2 LENDAH KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK)
11690024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK SMP NEGERI 2 LENDAH KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK)
11690024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

INTI SARI Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA dengan pendekatan scientific untuk SMP/MTs kelas VIII pada meteri cahaya dan alat optik (2) mengetahui kualitas LKPD IPA dengan pendekatan scientific untuk SMP/MTs kelas VIII pada meteri cahaya dan alat optik (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan produk LKPD IPA dengan pendekatan scientific meteri cahaya dan alat optik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model procedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah utama yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate. Penelitian ini dilakukkan sampai tahap Develop pada langkah Developmental testing. Intrumen penelitian ini berupa lembar validasi, lembar penilaian, angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan produk. Penilaian kualitas produk dan respon peserta didik menggunakan skala likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan lembar keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA dengan pendekatan scientific untuk SMP/MTs kelas VIII pada meteri cahaya dan alat optik. Kualitas produk berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media memiliki kategori baik (B) dan penilaian guru IPA SMP/MTs memiliki kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata yang diperoleh secara berturut-turut adalah 3,10; 3,21 dan 3,35. Respon peserta didik tehadap produk pada uji coba terbatas memiliki kategori sangat setuju (SS) dan pada uji coba luas memiliki kategori setuju (S) dengan skor rerata berturut-turut 3.50 dan 3,08. Hasil dari uji keterlaksanaan produk LKPD menyatakan bahwa pada uji terbatas dan uji coba luas secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan kriteria pengamatan. Namun pada uji coba terbatas masih terdapat aspek yang belum sepenuhnya terlaksana yaitu pada aspek evaluasi. Sedangkan pada uji coba luas aspek percobaan belum terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: LKPD, pendekatan Scientific, cahaya dan alat optik
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:51
Last Modified: 18 Feb 2019 02:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33258

Actions (login required)

View Item View Item