PESAN DAKWAH DALAM FOTO JURNALISTIK (SKH Kedaulatan Rakyat Edisi Ramadhan 1429 H)

MARWANTI - NIM: 05210033, (2010) PESAN DAKWAH DALAM FOTO JURNALISTIK (SKH Kedaulatan Rakyat Edisi Ramadhan 1429 H). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PESAN DAKWAH DALAM FOTO JURNALISTIK (SKH Kedaulatan Rakyat Edisi Ramadhan 1429 H) )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[img] Text (PESAN DAKWAH DALAM FOTO JURNALISTIK (SKH Kedaulatan Rakyat Edisi Ramadhan 1429 H) )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh semua umat muslim di dunia. Kehadiran bulan Ramadhan mampu mengubah seluruh aspek kehidupan manusia. Diantara aspek yang terpengaruh oleh kehadiran bulan Ramdhan adalah media massa atau sarana informasi public. Media massa begitu kentara sekali dalam menyambut selam bulan Ramadhan tiba, berbagai informasi dan program acara baru yang dibuat khusus di bulan ini selalu bermunculan. Dalam perubahan tersebut media massa khususnya surat kabar juga ikut andil dalam menyuguhkan berita seputar Ramadhan. Berita selain berbentuk tulisan juga dilampirkan foto sebagai penguat pesan. foto jurnalistik dalam surat kabar di bulan Ramadhan seringkali juga memuat pesan dakwahnya. Oleh karena itu pentingnya mengkaji pesan dakwah dalm foto jurnalistik selama bulan Ramadhan merupakan hal yang perlu menurut peneliti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif intepretatif yaitu analisis semiotika terhadapa foto jurnalistik edisi Ramadhan. Semiotika adalah membahas seputar tanda dan foto berkaitan dengan dengan tanda atau visual yang nampak dari foto. Subyek penelitian ini adalah foto jurnalistik dan wartawan foto jurnalistik. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah pesan dakwah. Pesan dakwah menurut pengertian Sutirman Eka Ardana yaitu Pentingnya meraih keberhasilan, mencapai kemajuan, mengajak kebaikan, dan meninggalkan kenistaan. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara sedangkan analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa foto jurnalistik edisi Ramadhan 2008/ 1429 H kebanyakan merupakan foto jurnalistik yang memuat pesan dakwah dalam rangka mengajak kepada kebaikan. Foto jurnalistik juga merupakan dakwah yang dilakukan oleh wartawan sebagai wujud nyatanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M.Si
Uncontrolled Keywords: pesan dakwah, foto jurnalistik
Subjects: Ilmu Komunikasi
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2013 15:11
Last Modified: 16 Oct 2015 03:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item