HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

NELA SYARAH VIKRATI, NIM. 14410093 (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM)
14410093_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM)
14410093_BAB-IIsampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dalam dunia pendidikan sangat penting demi mudahnya mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Motivasi belajar di pengaruhi oleh dua faktor yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Dengan adanya faktor ekstrinsik maka seorang guru diharapkan memiliki kompetensi guru yang baik karena hal tersebut akan menjadi bekal ketika proses pembelajaran dikelas. Kompetensi yang dimiliki guru akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Khusunya mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dimana materi hanya berupa tulisan dan cerita zaman dahulu. Apabila dalam penyampaian materi guru tidak memiliki kompetensi pedagogik yakni kemampuan mengelola kelas dan kompetensi profesional guru yakni kemampuan menguasai materi yang baik, maka peserta didik tidak akan bersemangat mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam tersebut. Motivasi belajar peserta didik di MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sudah bisa dikatakan cukup baik terbukti dari pencapaian nilai yang didapat pada ulangan semester ganjil. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menguji secara empiris hubungan kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar siswa kelas XI MA Nurul Ummah pada mata pelajaran sejarah kebidayaan islam (2) menguji secara empiris hubungan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa kelas XI MA Nurul Ummah pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (3) menguji secara empiris hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas XI MA Nurul Ummah. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelasional. Dimana metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi kelas XI MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Kemudian teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar siswa (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sri Purnami, S. Psi., MA
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru, motivasi belajar siswa.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:59
Last Modified: 18 Feb 2019 02:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33261

Actions (login required)

View Item View Item