HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH DENGAN INTENSI MELAKUKAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMA N 1 SANDEN BANTUL

DEVI ARYANI SETYANINGRUM, NIM. 14410089 (2018) HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH DENGAN INTENSI MELAKUKAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMA N 1 SANDEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH DENGAN INTENSI MELAKUKAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMA N 1 SANDEN BANTUL)
14410089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH DENGAN INTENSI MELAKUKAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMA N 1 SANDEN BANTUL)
14410089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah harapan remaja menjadi penerus bangsa yang menentukan kualitas negara di masa yang akan datang bertolak belakang dengan kenyataan yang ada. Hal ini terjadi karena didahului oleh adanya intensi untuk berperilaku. Kenakalan remaja yang merupakan perwujutan perilaku dari intensi melakukan kenakalan remaja dapat diminimalisir dengan kecerdasan ruhaniah yang diajarkan melalui pendidikan. Kecerdasan ruhaniah dapat membentuk sikap kepribadian yang melahirkan akhlaqul karimah sebagai rujukkan dari cara seseorang untuk bersikap dan bertindak (code of conduct). Namun karena latar belakang siswa berbeda-beda tidak menutup kemungkinan pada diri siswa dalam membentuk intensi untuk melakukan kenakalan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan tingkat intensi melakukan kenakalan remaja siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul, (2) untuk mendiskripsikan tingkat kecerdasan ruhaniah siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul, dan (3) untuk menguji secara empiris hubungan antara kecerdasan ruhaniah dengan intensi melakukan kenakalan remaja siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian uantitatif dengan populasi siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul. Dengan teknik cluster random sampling diambil 108 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif korelasi produk momen. Hasil penelitin menunjukkan: (1) tingkat intensi melakukan kenakalan remaja siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul secara umum sedang, yaitu 54%. (2) tingkat kecerdasan ruhaniah siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul secara umum tinggi, yaitu 100%. (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan ruhaniah dengan intensi melakukan kenakalan remaja siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul, (rxy = -0,163 dan p = 0,046 (one-tailed), p < 0,05) artinya tingginya tingkat kecerdasan ruhaniah siswa kelas XI SMA N I Sanden Bantul mempengaruhi tingkat intensi melakukan kenakalan remaja dalam tingkat kategori rendah dengan prosentase 46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Ruhaniah, Intensi Melakukan Kenakalan Remaja
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:17
Last Modified: 18 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item View Item