PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (LKPD-E) PADA MATERI HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

FALENSIA ANGGRAINYFALENSIA ANGGRAINY, NIM. 11690038 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (LKPD-E) PADA MATERI HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (LKPD-E) PADA MATERI HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X)
11690038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (LKPD-E) PADA MATERI HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X)
11690038_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD-e) Pada Materi Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA/MA Kelas X; 2) Mengetahui kualitas LKPD-e Fisika dan terfasilitasinya keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah dikembangkan menurut penilaian ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA/MA 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD-e fisika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Four-D model (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap Develop. Objek uji coba penelitian ini adalah 13 peserta didik pada uji coba terbatas dan 56 peserta didik pada uji coba luas. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian LKPD-e oleh ahli materi, media, guru fisika, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Telah berhasil dikembangkan LKPD-e fisika materi hukum-hukum Newton tentang gerak untuk memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA/MA kelas X yang dapat diakses secara offline maupun online; 2) Kualitas LKPD-e fisika yang telah dikembangkan menurut ahli materi memiliki kualitas baik dengan skor rerata 3,20. Sedangkan penilaian dari ahli media dan guru fisika SMA/MA memiliki kualitas sangat baik dengan skor rerata 3,45 dan 3,49. Berdasarkan ahli materi dan guru fisika SMA/MA LKPD-e dalam memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik masuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 0,85 dan 1,00; 3) Respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas adalah setuju dengan skor rerata 3,01 dan 3,07.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD-e), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Hukum-hukum Newton Tentang Gerak
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:27
Last Modified: 18 Feb 2019 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33265

Actions (login required)

View Item View Item