PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM OHM UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

NUR YULIMAH, NIM. 11690046 (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM OHM UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM OHM UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
11690046_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM OHM UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
11690046_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan alat peraga hukum Ohm dan panduan penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (2) Mengetahui kualitas alat peraga hukum Ohm dan panduan alat peraga sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (3) Mengetahui respon siswa terhadap alat peraga hukum Ohm dan paduan alat peraga sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan model 4-D yang melibatkan 4 langkah utama yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Devolop pada bagian Quantitative testing (uji coba luas). Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala. Respon siswa menggunakan skala Guttman berupa pernyataan Ya dan Tidak. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Telah dikembangkan alat peraga hukum Ohm dan panduan alat peraga sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (2) kualitas alat peraga berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B), serta kualitas penilaian oleh ahli media dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) (3) kualitas panduan penggunaan alat peraga hukum Ohm berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) serta kualitas penilaian ahli media dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) (4) Respon siswa terhadap alat peraga pada uji terbatas dan uji luas mendapat respon Ya (Setuju) (5) Respon siswa terhadap panduan penggunaan alat peraga hukum Ohm pada uji terbatas dan uji luas mendapat respon Ya (Setuju)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hukum Ohm, Siswa Tunanetra.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 14:38
Last Modified: 18 Feb 2019 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum