HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

FAKHRUN NISA’, NIM.14410087 (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
14410087_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
14410087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi kepemimpinan sangat penting untuk dimiliki oleh guru agama di sekolah, salah satunya yaitu guru Aqidah Akhlak. Karena dengan dimilikinya kompetensi kepemimpinan, guru agama akan dapat dengan mudah mempengaruhi siswa untuk mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-sehari melalui proses pembelajaran di kelas maupun melalui kegiatan keagamaan di sekolah. SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan sekolah yang mempuyai tanggug jawab yang cukup besar untuk meningkatkan perilaku keagamaan siswa, karena input siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan mayoritas memiliki perilaku keagamaan yang rendah. Oleh sebab itu, ada beberapa mata pelajaran agama dan kegiatan keagamaan yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah Prambanan sebagai upaya untuk meningkatkan perilaku keagamaan siswa. Disini kontribusi dari kompetensi kepemimpinan guru agama diperlukan agar kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan dapat terlaksana dengan baik, sehingga output siswa yang dihasilkan memiliki perilaku keagamaan yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan tingkat perilaku keagamaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi kepemimpinan guru Aqidah Akhlak dan (3) untuk menguji secara empiris hubungan antara kompetensi kepemimpinan guru Aqidah Akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Dengan teknik simple random sampling diambil 125 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala/angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif korelasi produk momen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat perilaku keagamaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan tergolong kategori sedang dengan presentase 47.2% dan berada pada interval 112-119 (2) tingkat kompetensi kepemimpinan guru Aqidah Akhlak SMK Muhammadiyah Prambanan tergolong kategori sedang dengan presentase 70.4% dan berada pada interval 99 – 105 (3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi kepemimpinan guru Aqidah Akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan, (rxy = 0,598 dan p = 0,000 (one-tailed), p < 0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepemimpinan, Perilaku Keagamaan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 15:47
Last Modified: 18 Feb 2019 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum