PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta)

Muhamad Arwani Munib, NIM : 1620410057 (2018) PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta))
1620410057_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta))
1620410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

MUHAMAD ARWANI MUNIB, Pengembangan Sikap Inklusif Melalui Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah kemajemukan bangsa Indonesia dapat melahiran keuntungan dan kerugian. Jika keberagaman (dalam hal ini agama) dapat dikelola dengan baik maka akan menghasilkan kerukunan umat beragama. Akan tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka keragaman tersebut dapat berujung pada perselisihan, konflik, dan perpecahan bangsa, akibat buruknya pengelolaan keberagaman. Oleh sebab itu paradigma pendidikan agama Islam yang masih terbatas pada to know, to do dan to be, harus diarahkan kepada to live together. Artinya, bahwa kemampuan peserta didik untuk dapat hidup bersama orang lain yang berbeda etnis, budaya dan agama, semestinya menjadi nilai yang melekat dalam tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan sikap inklusif di sekolah melalui pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui strategi pengembangkan pembelajaran pendidikan agama Islam yang menghargai perbedaan di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Sikap terbuka terhadap keberagaman dan perbedaan di SMA Negeri 8 Yogyakarta dikembangkan dengan penguatan dan dukungan sekolah terhadap kegiatan keagamaan yang menjadi kebijakan serta peraturan sekolah. Sekolah memberi ruang yang sama bagi seluruh warga sekolah untuk beraktifitas dan berkreatifitas sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi peserta didik dan seluruh warga sekolah untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, bahkan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan diantaranya melalui kegiatan Sepeda Dakwan dan Festifal Anak Muslim (FAM). Sedang strategi pengembangan pendidikan agama Islam yang menghargai perbedaan adalah: pertama, melalui kebijakan dan peraturan sekolah yang memberikan ruang yang sama untuk tiap agama dan kepercayaan. Kedua, materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti dikembangkan dengan wawasan agama yang menghargai perbedaan. Ketiga, memaksimalkan peran guru pendidikan agama, sebagai ujung tombak pemahaman penanaman nilai agama yang menghargai perbedaan, dan keempat dengan membentuk kader agama di sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Agama, Inklusif, Multikultural, Toleransi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama, Inklusif, Multikultural, Toleransi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:13
Last Modified: 20 Mar 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum