PENGARUH METODE TAQRAR BERBASIS PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MAN 4 BANTUL

ZAKI AZIZ, NIM. 14690035 (2018) PENGARUH METODE TAQRAR BERBASIS PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TAQRAR BERBASIS PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MAN 4 BANTUL)
14690035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TAQRAR BERBASIS PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MAN 4 BANTUL)
14690035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran fisika sangat diperlukan dalam menyampaikan materi fisika, salah satunya dengan menyesuaikan lingkungannya melalui metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh menggunakan metode taqrar berbasis pendidikan pesantren terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi dan bagaimana peningkatan minat belajar fisika. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experiment menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MAN 4 Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan nontes (angket) dengan instrumen yang digunakan adalah soal pretest posttest hasil belajar kognitif peserta didik dan lembar angket minat belajar fisika. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan statistik non-parametris dan hasil angket minat belajar menggunakan persamaan n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif metode pembelajaran taqrar berbasis pendidikan pesantren dengan hasil belajar kognitif peserta didik materi usaha dan energi (nilai sig.(2-tailed )= 0,016 0,05; Ha diterima. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode taqrar berbasis pendidikan pesantren terhadap minat belajar fisika. Hasil n-gain kelas eksperimen = 0,369 dalam kategori sedang dan n-gain kelas kontrol = 0,196 dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Taqrar, Hasil Belajar, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:50
Last Modified: 19 Feb 2019 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum