PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

MIFTAH FARID, NIM. 13670041 (2018) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
13670041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
13670041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

Problem based learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan masalah dalam dunia nyata. pendekatan PBL berorientasi pada kemampuan problem solving peserta didik yang menekankan proses identifikasi masalah, analisi masalah, kerjasama dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa modul kimia berbasis masalah yang berkualitas, menganalisis kualitas modul berbasis masalah berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, serta menganalisis respon pengguna modul yaitu guru kimia dan siswa SMA/MA. Modul dikembangkan dengan menggunakan konsep pengembangan 4-D yang dibimbing oleh dosen pembimbing, serta dari masukan dan saran dari dosen ahli, guru dan peserta didik. Uji kualitas dilakukan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli materi serta respon pengguna. Instrumen penelitian modul berbasis masalah ini berupa angket penilaian kualitas yang meliputi 6 aspek yaitu aspek kelayakan isi, bahasa, layout dan grafika, penyajian, karakteristik modul dan karakteristik PBL. hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kimia berbasis masalah memiliki karakteristik yang menekankan pada kemampuan problem solving yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase keidealan 87,5 % dan kualiatas Baik (B) sedangkan menurut penilaian ahli media mendapatkan persentase keidealan 84,8% dan kualitas Baik (B) dan dari penilaian guru sebesar 94,73 %. Modul mendapatkan respon positif dari pengguna dengan mendapatkan persentase keidealan dari siswa sebesar 91% dari siswa dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Berbasis Masalah, Problem Based Learning, Kesetimbangan Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:17
Last Modified: 19 Feb 2019 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum