PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROBON TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK GUGUS FUNGSI

SILVIA RAHMAWATI, NIM. 14670013 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROBON TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK GUGUS FUNGSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROBON TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK GUGUS FUNGSI)
14670013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROBON TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK GUGUS FUNGSI)
14670013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas Berpikir adalah pola berpikir divergen yang didasarkan pada suatu cara yang mendorong seseorang untuk menghasilkan produk yang kreatif dan menjajaki berbagai kemungkinan jawaban atas suatu masalah. Kreativitas merupakan hal yang sangat diperlukan bagi perkembangan suatu bangsa, hal itu dikarenakan daya kompetitif suatu bangsa salah satunya ditentukan oleh kreativitas sumber daya manusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh penggunaan media pembelajaran styrobon terhadap kreativitas berpikir, serta (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran styrobon terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XII di MAN 4 Bantul pada mata pelajaran kimia materi pokok Gugus Fungsi. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian berupa Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dengan penentuan kelas menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket kreativitas berpikir, lembar observasi, serta tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Pengukuran kemampuan kreativitas berpikir peserta didik menggunakan data angket dan lembar observasi, dengan teknik analisis data pada angket kreativitas berpikir menggunakan uji statistika nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney, dan pada data lembar observasi menggunakan skor acuan penilaian lembar observasi. Sedangkan pengukuran hasil belajar peserta didik menggunakan soal pretest dan posttest dengan teknik analisis data menggunakan uji statistika nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil uji statistika terhadap kreativitas berpikir peserta didik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.049, kurang dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Styrobon berpengaruh terhadap kreativitas berpikir peserta didik. Sementara hasil uji statistika terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.044, kurang dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Styrobon berpengaruh juga terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Styrobon, Kreativitas Berpikir, Hasil Belajar Kognitif, Gugus Fungsi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 06:31
Last Modified: 19 Feb 2019 06:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33305

Actions (login required)

View Item View Item