DAMPAK PENERAPAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Feri Riski Dinata, NIM. 1620410059 (2018) DAMPAK PENERAPAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENERAPAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA)
1620410059_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENERAPAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA)
1620410059_BAB-II_BAB-III..pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kurang berdayanya Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah umum dalam mengantarkan anak didik menjadi insan yang beriman, bertakwa dan berbudi luhur. Hal ini disebabkan oleh pendidikan agama di sekolah-sekolah umum baru berhasil mengantarkan peserta didiknya pada tingkat ranah kognitif dan belum banyak menyentuh aspek sikap dan perilaku beragama islam, sehingga menyebabkan rendahnya karakter dari peserta didik. Merespon dari permasalahan tersebut maka SMP Negeri 8 Yogyakarta memberdayakan Pendidikan Agama Islam melalui school religious culture dengan menekankan sikap dan pengalaman keberagamaan untuk menanamkan karakter yang religious terhadap siswa. Akan tetapi setelah berjalannya program pemberdayaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kemudian pada tanggal 9 Juni 2017 pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan Lima Hari Sekolah (LHS) dengan menerbitkan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Padatnya kegiatan pembelajaran di sekolah ditambah dengan penerapan kebijakan Lima Hari Sekolah yang diselenggarakan dari pagi hingga sore hari, maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana dampak penerapan Lima Hari Sekolah (LHS) terhadap pemberdayaan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan sistem Lima Hari Sekolah (LHS) di SMPN 8 Yogyakarta dimulai dari jam ke-0 yaitu jam 06.30 - 15.15 dan telah berjalan dengan efektif dikarenakan telah memenuhi persyaratan yaitu: kecukupan pendidik dan tenaga kependidikan, ketersediaan sarana dan prasarana, kearifan lokal, dan pendapat tokoh masyarakat dan/atau tokoh agama. Pemberdayaan PAI di SMPN 8 Yogyakarta meliputi: Pertama: Memberdayakan orang tua dalam membina keagamaan siswa, Kedua: Memberdayakan pendidik dalam meningkatkan mutu guru PAI, Ketiga: Pemberdayaan PAI melalui pendekatan integratif afektif, psikomotorik dan kognitif, melaui religious culture. Dampak lima hari sekolah terhadap pemberdayaan pembelajaran pendidikan agama Islam dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu, 1. Pengalaman keberagamaan siswa lebih banyak, 2. Mengurangi resiko kenakalan remaja, 3. Efektif dalam memberikan pembelajaran PAI. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, 1. Pendidik maupun siswa akan merasakan kejenuhan, 2. padatnya waktu kegiatan di sekolah, 3. Pencermatan dan fokus guru berkurang. Kata Kunci: Lima Hari Sekolah, Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lima Hari Sekolah, Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:13
Last Modified: 20 Mar 2019 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item View Item