ANALISIS PROGRAM PELAYANAN HAJI DAN UMROH PT. YA ANNAHL TOUR CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SYECH UMAR HAMDAN, NIM. 1340023 (2018) ANALISIS PROGRAM PELAYANAN HAJI DAN UMROH PT. YA ANNAHL TOUR CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROGRAM PELAYANAN HAJI DAN UMROH PT. YA ANNAHL TOUR CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROGRAM PELAYANAN HAJI DAN UMROH PT. YA ANNAHL TOUR CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perlunya hukum perlindungan konsumen untuk melindungi hak-hak konsumen merupakan sebuah keharusan. Konsumen yang memiliki posisi lemah, sering mengalami perlakuan yang tidak seharusnya. Terlebih dalam pemenuhan hak-hak selaku pengguna jasa. Dalam posisi sebagai pengguna jasa biro perjalanan haji dan umrah. Maka perlindungan hukum secara berkelanjutan harus tetap diberikan. Terlebih dengan merebaknya biro perjalanan haji dan umrah di Indonesia. Bukan rahasia umum bahwa pertumbuhan biro tersebut hanya mengejar keuntungan semata dengan megesampingkan hak-hak pengguna jasa biro tersebut (profit oriented). Dengan berbagai macam tawaran, masyarakat di berikan suguhan melalui iklan dan promosi yang menarik. Tentu perjalanan ini mengandung nilai sakral sekaligus mengandung muatan wisata religius yang seyogyanya dicapai dengan nilai-nilai yang luhur. Namun tidak sedikit yang merasa belum terpenuhinya hak-hak sebagai pengguna jasa biro perjalanan haji dan umrah. PT. Ya Annahl selaku penyedia biro perjalanan haji dan umrah merupakan salah satu travel di Yogyakarta yang penulis jadikan objek penelitian guna meneliti bagaimana pemenuhan terhadap hak-hak konsumen itu dicapai. Metode penelitian lapangan (field research) penulis gunakan untuk mengamati bagaimana aktifitas pelayanan di PT. Ya Annahl Cabang Yogyakarta. Dengan mengumpulkan beberapa sumber primer dan sekunder, yakni pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta kajian kritis terhadap Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hal ini yang akan dijadikan sebagai landasan dalam mensinergikan antara teori dan praktik di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa instrumen dalam pemenuhan hak-hak konsumen sudah cukup terpenuhi. Namun beberapa pertimbangan dinilai menjadi faktor penghambat terhadap pemenuhan hak akan konsumen yakni letak lokasi pemberangkatan jamaah yang dinilai belum efisien. Sebagaimana teknis pemberangkatan jamaah Yogyakarta di Bandara (Juanda) Surabaya. Hal ini membuat rentan waktu dan memberi dampak pada kondisi fisik jamaah, meskipun hal ini sudah merupakan kesepakatan antara jamaah dengan pihak PT. Ya Annahl selaku penyedia jasa. Namun diperlukan upaya untuk mengoptimalkan hal tersebut guna terpenuhinya hak-hak konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, pelayanan, konsumen.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:52
Last Modified: 20 Feb 2019 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum