PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TKI (TENAGA KERJA INDONESIA) ATAS KLAIM ASURANSI DI BP3TKI (BALAI PELAYANAN, PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA) YOGYAKARTA

AYU KESUMA NINGRUM, NIM. 11340059 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TKI (TENAGA KERJA INDONESIA) ATAS KLAIM ASURANSI DI BP3TKI (BALAI PELAYANAN, PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TKI (TENAGA KERJA INDONESIA) ATAS KLAIM ASURANSI DI BP3TKI (BALAI PELAYANAN, PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA) YOGYAKARTA)
11340059_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TKI (TENAGA KERJA INDONESIA) ATAS KLAIM ASURANSI DI BP3TKI (BALAI PELAYANAN, PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA) YOGYAKARTA)
11340059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Banyak risiko yang mengancam keamanan dan keselamatan TKI. Oleh karena itu, pemerintah wajib memberikan perlindungan baik dari segi ekonomis, sosial, maupun teknis. Pada bulan Januari 2016 PT DIAN YOGYA PERDANA mengajukan permohonan bantuan proses klaim asuransi TKI bermasalah Sri Supriyati (sering sakit sakitan dan malas bekerja sehingga dipulangkan). Permohonan tersebut ditujukan kepada BP3TKI untuk dapat memberikan bantuan hukum. Dalam pengurusan klaim, ada standar persyaratan umum dan khusus. Berdasarkan Undang- Undang No. 39 Tahun 2004 yang menyebutkan bahwa setiap PPTKIS wajib mengikutsertakan TKI untuk mengikuti asuransi. Asuransi ini akan meng-cover TKI pada masa pra penempatan yakni 5 (lima) bulan sebelum berangkat sampai ke masa penempatan yaitu 24 bulan, serta purna tugas setelah kembali ke Indonesia ada tenggang waktu 1 (satu) bulan untuk meng-cover risiko-risiko, kecelakaan, ditipu, kehilangan barang-barang dalam proses pulang ke rumahnya. Berdasarkan perumusan masalah dan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) adalah termasuk penelitian yang dilakukan langsung di lapangan, dimaksudkan agar peneliti dapat memperoleh informasi dan data sedekat mungkin dengan dunia nyata. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yakni data yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, dan catatan lapangan tersebut akan diolah kemudian menghasilkan analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BP3TKI mempunyai peran sebagai Balai yang memberikan pelayanan, penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Dengan itu BP3TKI Yogyakarta berkewajiban menerima dan memproses setiap permohonan/ laporan/ aduan mengenai klaim asuransi yang dilakukan oleh Agency penyalur TKI, Consorsium ataupun TKI terkait itu sendiri dalam upaya mendapatkan Asuransi yang menjadi Hak TKI, apabila terjadi kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin dideritanya akibat dari suatu evenemen (peristiwa tidak pasti)”. Setelah menerima data dan memprosesnya BP3TKI Yogyakarta menerbitkan Surat Rekomendasi Klaim Asuransi dan diberikan kepada pihak terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DR. LINDRA DARNELA, S.AG, M.HUM 2. ISWANTORO, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, TKI, Klaim Asuransi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:04
Last Modified: 20 Feb 2019 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum