PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN MODAL USAHA ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG PARAKAN DENGAN PEDAGANG PASAR LEGI PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH

MUARIF ABAS HASAN, NIM. 11340127 (2018) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN MODAL USAHA ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG PARAKAN DENGAN PEDAGANG PASAR LEGI PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN MODAL USAHA ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG PARAKAN DENGAN PEDAGANG PASAR LEGI PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH)
11340127_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN MODAL USAHA ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG PARAKAN DENGAN PEDAGANG PASAR LEGI PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH)
11340127_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perjanjian merupakan suatu perbuatan yang dilakukan satu orang atau lebih terhadap satu orang atau lebih dengan adanya suatu akad yang mengikatkan keduanya. Adapun dalam peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah adalah koperasi yang kegiatan usahanya meliputi simpanan, pinjaman dan pembiayaan sesuai prinsip syariah termasuk mengelola zakat, infaq/sedekah dan waqaf. Kegiatan koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah yang dalam hal ini disebut unit simpan pinjam dan pembiayaan syariah adalah unit koperasi yang bergerak dibidang usaha meliputi simpanan, pinjaman dan pembiayaan sesuai prinsip syariah, termasuk mengelola zakat, infaq/sedekah dan wakaf. Salah satu koperasi syariah yaitu KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Parakan. Adapun fasilitas di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Tamzis Bina Utama seperti mudharabah, murabahah, ijarah wal qardh, musyarakah, bai’ut takjiri, arafah (arisan ta’awun haji). KSPPS Tamzis Bina Utama mempunyai standar operasional dalam melakukan pembiayaan. Pada KSPPS Tamzis Bina Utama menekankan adanya agunan sebagai jaminan apabila nanti terjadi wanprestasi. Prinsip utama pada KSPPS Tamzis adalah kekeluargaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendapatkan sumber data primer. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris yang didasarkan pada kenyataan yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara langsung dengan pihak KSPPS dan dokumentasi. Rumusan masalah yang akan dikaji adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian pembiayaan di KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Parakan dan upaya yang dilakukan oleh pihak KSPPS Tazis Bina Utama apabila terjadi pembiayaan bermasalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KSPPS Tamzis Bina Utama kantor cabang Parakan dalam melaksanakan pembiayaan modal usaha sesuai dengan prosedur. Upaya hukum yang dilakukan KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Parakan dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah dengan cara memantau langsung dan dengan cara kekeluargaan secara bertahap untuk menjaga hubungan baik dengan anggota. KSPPS Tamzis Bina Utama tidak melakukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri dikarenakan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk proses berperkara mulai dari pengajuan gugatan sampai putusan jauh lebih besar daripada jumlah nilai pembayaan yang disengketakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., M.H. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.HUM.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, pembiayaan modal usaha, jaminan
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 13:04
Last Modified: 20 Feb 2019 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum