UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI SAMPAH RUMAH TANGGA DITINJAU DARI PERDA NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA)

ENDRI KURNIAWAN, NIM. 11340141 (2018) UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI SAMPAH RUMAH TANGGA DITINJAU DARI PERDA NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI SAMPAH RUMAH TANGGA DITINJAU DARI PERDA NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA))
11340141 - BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI SAMPAH RUMAH TANGGA DITINJAU DARI PERDA NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA))
11340141 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menangani pengelolaan sampah rumah tangga ditinjau dari Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dilakukan dengan teknik kelembagaan, teknik operasional, dan teknik pembiayaan. Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga terdiri atas pengurangan sampah dan penanganan sampah. Pengurangan sampah yang dimaksud meliputi kegiatan: a) pembatasan timbulan sampah; b) pendauran ulang sampah; dan/atau c) pemanfaatan kembali sampah. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, Mengetahui sejauh mana perda itu dilaksanakan dalam penanganan pengelolaan sampah rumah tangga. Kedua, untuk mengetahui apa saja yang faktor yang mempengaruhi pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta sehingga dalam pengelolananya nantinya bisa menjadi bahan evaluasi bersama. Ketiga, menjadikan sebuah bahan riset ilmiah di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dari segi Akademik. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-empiris. Data yang diambil langsung melalui wawancara, observasi, dan melalui telaah pustaka/dokumen serta kajian atas peraturan-peraturan terkait. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik yakni mengurai fakta-fakta, situasi atau kejadian-kejadian dan menganalisisnya dengan teori dan logika hukum (normatif). Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha semaksimal dalam mengelola sampah rumah tangga dengan dibuktikan adanya penghargaan Adipura dan Adiwiyata Mandiri, dan dari sisi lain mempunyai program pengelolaan sampah rumah tangga sesuai dengan regulasi yang ada di pasal 8 ayat (2) Perda DIY Nomor 3 Tahun 2013. Pekerjaan semakin besar dari beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan program Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Dinas Lingkuhan hidup Yogyakarta sebagai berikut: Regulasi Pengelolaan Sampah; Intensif dan Denda; Retribusi Pelayanan; Sosialisasi Lingkungan Hidup; Kerjasama dengan LSM dan Kelompok; Pengembangan Model Pengelolaan Sampah. Adapun faktor kecil dalam penghabat pengelolaan sampah antara lain: Kapasitas sampah semakin bertambah; Belum ada standar timbunan sampah; Fasilitas dan perlatan yang kurang; kurangnya partisipasi masyarakat dalam dalam pengelolaan sampah. Dari hal itu pemerintah Kota Yogyakarta harus mempunyai rencana jangka panjang yang benar-benar matang untuk mengelola sampah rumah tangga yang semakin hari timbunan sampah melebihi kapasitas, serta pemanfaatan stakeholder yang bisa untuk kerjasama dengan pemerintah dalam pengelolaan sampah rumah tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. SITI FATIMAH S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Timbunan Sampah Rumah Tangga, Faktor mempengaruhi pelaksanaan
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 13:16
Last Modified: 20 Feb 2019 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum