KOMUNIKASI SENI HADRAH MAJELIS AHBAABUL MUSTHOFA PADA SYEKHER MANIA YOGYAKARTA

Nida Ma’rufah, NIM. 14210004 (2018) KOMUNIKASI SENI HADRAH MAJELIS AHBAABUL MUSTHOFA PADA SYEKHER MANIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI SENI HADRAH MAJELIS AHBAABUL MUSTHOFA PADA SYEKHER MANIA YOGYAKARTA)
14210004_Nida Ma’rufah_BAB I, BAB IV,DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (41MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI SENI HADRAH MAJELIS AHBAABUL MUSTHOFA PADA SYEKHER MANIA YOGYAKARTA)
14210004_Nida Ma’rufah_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Seni hadrah Ahbaabul Musthofa merupakan grup yang berpengaruh besar pada perkembangan dunia seni hadrah di Yogyakarta. Pada kegiatan rutinan majelis Ahbaabul Musthofa Yogyakarta, cakupan jamaahnya sangatlah luas, yakni meliputi seluruh daerah di Yogyakarta seperti Sleman, Kulonprogo, Bantul, Kota Yogyakarta, dan Gunungkidul. Selain memiliki cakupan jamaah yang luas, Ahbaabul Musthofa memiliki jejak rekam yang cukup bagus bersama Habib Syekh, baik di DIY maupun luar Jawa. Cakupan jamaah yang luas dan track record yang bagus menjadikan kelompok seni hadrah Ahbaabul Musthofa sebagai acuan bagi sebagian besar kelompok seni hadrah di Yogyakarta. Seni hadrah Ahbaabul Musthofa sebagai suatu media dakwah, memiliki visi yakni “menjadi media dakwah dan syiar Islam lewat bersalawat”. Dengan visi tersebut, artinya ada pesan yang ingin disampaikan melalui seni hadrah. Pesan ini tidak disampaikan secara verbal dan gamblang, akan tetapi melalui simbol yang terdapat padanya. Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat kurang memahami esensi dari penampilan seni hadrah, khususnya Syekher Mania. Syekher Mania merupakan suatu komunitas pecinta salawat yang menjadi jamaah dominan dan selalu aktif meramaikan kegiatan rutinan majelis Ahbaabul Musthofa Yogyakarta. Berdasarkan penelitian, sebagian besar komunitas Syekher Mania Yogyakarta belum memahami simbol-simbol yang terdapat pada penampilan seni hadrah Ahbaabul Musthofa beserta maknanya. Beranjak dari deskripsi inilah, peneliti tergerak untuk mengkaji tentang apa saja simbol yang terdapat pada seni hadrah Ahbaabul Musthofa dan makna berupa pesan yang ingin disampaikan kepada jamaah khususnya Syeker Mania. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik. Jenis penelitian kualitatif dengan sumber data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui pendekatan etnografis, yang mana peneliti melakukan pengkajian pada seni hadrah yang merupakan hasil kebudayaan umat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni hadrah selain menjadi wadah silaturahmi dan media untuk meningkatkan rasa cinta kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW., ia juga memiliki beberapa makna, yaitu merupakan suatu bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. melalui ibadah yang asyik, penghormatan terhadap hadirnya Nabi Muhammad SAW., simbolisasi suasana kegembiraan, ketenangan jiwa, keimanan, kesederhanaan, keikhlasan, kebulatan tekad dalam bertakwa kepada Allah SWT., dan toleransi keberagaman, yang semua pesan tersebut dapat dijadikan sebagai pijakan dalam menjalani kehidupan jamaah, khususnya Syekher Mania. xii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Akhmad Rifa’i M.Phil
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Seni Hadrah, Simbol Pada Seni Hadrah, Makna Simbol Pada Seni Hadrah, Hadrah Ahbaabul Musthofa Yogyakarta, Komunitas Syekher Mania Yogyakarta.
Subjects: Kesenian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:55
Last Modified: 20 Feb 2019 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item View Item