REKRUTMEN KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN HUKUM TERHADAP MEKANISME REKRUTMEN KEPALA DAERAH OLEH PARTAI GOLKAR TAHUN 2017)

FAHMI MUHAMAD, NIM : 1134O182 (2018) REKRUTMEN KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN HUKUM TERHADAP MEKANISME REKRUTMEN KEPALA DAERAH OLEH PARTAI GOLKAR TAHUN 2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REKRUTMEN KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN HUKUM TERHADAP MEKANISME REKRUTMEN KEPALA DAERAH OLEH PARTAI GOLKAR TAHUN 2017))
11340182_BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REKRUTMEN KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN HUKUM TERHADAP MEKANISME REKRUTMEN KEPALA DAERAH OLEH PARTAI GOLKAR TAHUN 2017))
11340182_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Partai Golkar sebagai salah satu partai peserta pemilihan umum kepala daerah di Kota Yogyakarta melaksanakan fungsi rekrutmen politik dengan menetapkan Haryadi Suyuti sebagai kepala daerah dari Partai Golkar dalam pemilihan umum kepala daerah serentak pada tanngal 15 Februari 2017. Kendati demikian proses demokratisasi internal partai politik selalu terhambat oleh budaya oligarki elit partai politik terutama dalam hal pengambilan keputusan partai. Sesuai ketentuan Pasal 29 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik menegaskan bahwa rekrutmen politik harus diselenggarakan secara demokratis dan sesuai aturan hukum yang berlaku maka menjadi penting untuk meneliti lebih jauh tentang segala sesuatu mengenai mekanisme rekrutmen politik di partai tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam normatif-empiris, yaitu, sumber data diambil dari perundang-undangan, AD/ART Partai Golkar, buku-buku dan tulisan-tulisan terkait sebagai sumber primer. Sedangkan penelitian ini bersifat deskripsif-analitik yang mencoba memaparkan mekanisme rekrutmen kepala daerah dari Partai Golkar dengnan meneliti data-data yang telah terkumpul. Penelitian ini merupakan field reseach. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme rekrutmen politik Kepala Daerah Kota Yogyakarta dari Partai Golkar dalam pemilihan umum kepala daerah pada tanggal 15 Februari 2017 dilaksanakan secara demokratis dengan mengedepankan prinsip kedaulatan anggota, transfaransi dan partisipasi setiap komponen yang ada di Partai Golkar.. hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 29 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik yang menegaskan bahwa rekrutmen politik kepala daerah oleh partai politik harus dilakukan secara demokratis seuai aturan hukum yang berlaku dan AD/ART partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Udiyo Basuki, S.H., M.hum.
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen Kepala Daerah, Partai Politik dan Demokrasi.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 17:37
Last Modified: 20 Feb 2019 17:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum