PEMAKNAAN NILAI SOSIAL PADA KOLOM TOKOH MENURUT SANTRI AL-MUNAWWIR KRAPYAK DALAM BANGKITMEDIA.COM

Ayu Ismatul Maula, NIM. 14210021 (2018) PEMAKNAAN NILAI SOSIAL PADA KOLOM TOKOH MENURUT SANTRI AL-MUNAWWIR KRAPYAK DALAM BANGKITMEDIA.COM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN NILAI SOSIAL PADA KOLOM TOKOH MENURUT SANTRI AL-MUNAWWIR KRAPYAK DALAM BANGKITMEDIA.COM)
14210021_BAB 1_BAB_TERAKHIR, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN NILAI SOSIAL PADA KOLOM TOKOH MENURUT SANTRI AL-MUNAWWIR KRAPYAK DALAM BANGKITMEDIA.COM)
14210021_BAB II dan BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Berawal dari problem kemanusiaan yang selalu menyelimuti dalam kehidupan sehari-hari khususnya permasalahan tentang akhlak manusia. Banyak kalangan yang menyatakan persoalan bangsa akibat merosotnya moral bangsa di berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti rendahnya kualitas keimanan dan ketakwaan umat islam bangsa Indonesia pada khususnya. Keberadaan media massa dalam menyampaikan informasi cenderung memicu perubahan serta banyak membawa pengaruh pada penetapan pola hidup masyarakat, khususnya santri pondok pesantren. Media online Bangkitmedia.com merupakan salah satu media di Yogyakarta yang bergerak di bidang dakwah dengan mengangkat tema santun dan mencerdaskan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan santri Al-Munawwir Krapyak mengenai nilai sosial pada kolom tokoh dalam Bangkitmedia.com. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis resepsi untuk menganalisis acana media dan wacana khalayak. Analisis resepsi ini berasarkan teori milik Stuart Hall dan didukung dengan teori nilai sosial. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Pemaknaan Nilai Sosial pada Kolom Tokoh oleh Santri Al-Munawwir Krapyak dilakukan untuk mengetahui posisi informan pada pesan media. Hasil pemaknaan tersebut menempatkan informan pada posisi yang berbeda, yaitu hegemoni dominan dan negosiasi. Munculnya kesamaan dan perbedaan pemaknaan oleh informan dilatar belakangi oleh berbagai macam faktor seperti persepsi, pemikiran, dan pengalaman para informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Anisah Indriati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, Nilai Sosial, Santri Al-Munawwir Krapyak, Bangkitmedia.com.
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:44
Last Modified: 21 Feb 2019 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33376

Actions (login required)

View Item View Item