EVALUASI MAHARAH AL-QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VB DI MI TA’ALUMUSIBYAN SITANGGAL BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Wahyuni Nurkhomsah, NIM. 10420074 (2018) EVALUASI MAHARAH AL-QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VB DI MI TA’ALUMUSIBYAN SITANGGAL BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI MAHARAH AL-QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VB DI MI TA’ALUMUSIBYAN SITANGGAL BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018)
10420074_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI MAHARAH AL-QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VB DI MI TA’ALUMUSIBYAN SITANGGAL BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018)
10420074_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi mempunyai kedudukan yang strategis dalam pembelajaran dan merupakan bagian integral dari program pembelajaran sehingga pelaksanaannya pun diharapkan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pendidik dan peserta didik. Dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk maharah alqira’ ah terdapat berbagai macam problematika, mulai dari problematika pelafalan, kelancaran membaca, intonasi dan kesesuaian soal yang diberikan. Berdasarkan aspek tersebut peneliti bermaksud memaparkan tentang pelaksanaan evaluasi maharah al-qira’ah dalam pembelajaran di kelas VB MI Ta’allumussibyan Sitanggal Brebes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab yang mengajar di kelas VB MI Ta’allumusibyan Sitanggal Brebes yakni Bapak Lukmanul Aziz, S.Pd.I. adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan evaluasi maharah alqira’ ah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VB MI Ta’allumussibyan Sitanggal Brebes terbagi menjadi dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif tersebut meliputi ulangan harian, pemberian tugas dan Penilaian Tengah Semester (PTS), sedangkan evaluasi sumatif meliputi Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kedua, terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan evaluasi maharah al-qira’ah di kelas VB MI Ta’allumussibyan Sitanggal Brebes. Faktor pendukung dan penghambat tersebut secara garis besar terdapat pada minat peserta didik dan sarana prasarana yang ada di MI Ta’allumussibyan Sitanggal Brebes.. Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran, Maharah Al-qira’ah, MI Ta’allumussibyan Sitanggal Brebes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Maharah Al-qira’ah, MI Ta’allumussibyan, Sitanggal Brebes
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:14
Last Modified: 20 Mar 2019 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33378

Actions (login required)

View Item View Item