HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA “GOBLIN” DAN PEMAHAMAN REINKARNASI SANTRI KOMPLEK HINDUN ANNISAH KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

Nella Noor Putri Agesti, NIM. 14210037 (2018) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA “GOBLIN” DAN PEMAHAMAN REINKARNASI SANTRI KOMPLEK HINDUN ANNISAH KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA “GOBLIN” DAN PEMAHAMAN REINKARNASI SANTRI KOMPLEK HINDUN ANNISAH KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
14210037_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA “GOBLIN” DAN PEMAHAMAN REINKARNASI SANTRI KOMPLEK HINDUN ANNISAH KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
14210037_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini memberikan kemudahan untuk masuk budaya asing di Indonesia. Salah satu budaya yang cukup diminati yaitu budaya Korea atau Korean Wave. Ada salah satu drama korea yang memiliki rating tertinggi di Korea Selatan yaitu “GOBLIN”. Drama ini mengisahkan tentang reinkarnasi keluarga kerajaan pada masa dinasti Goryeo. Reinkarnasi yang dimaksud dalam drama ini adalah kehidupan setelah mengalami kematian untuk menjadi orang yang sama maupun menjadi orang lain namun masih memiliki jiwa yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan intensitas menonton drama korea Goblin dengan Pemahaman Reinkarnasi pada santri Komplek Hindun Anisah Krapyak. Penelitian ini pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan didukung dengan dokumentasi. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sample dengan sampel sebanyak 55 responden pada santri Komplek Hindun Anisah Krapyak Bantul. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini bahwa koefisien korelasi bernilai 0,550. Diketahui N = 55 maka diperoleh r tabel 0,265. Serta didapat probabilitas tinggi (sig) sebesar 0,000. Angka probabilitas < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas menonton drama korea Goblin dengan Pemahaman Reinkarnasi pada santri Komplek Hindun Anisah Krapyak Bantul Yogyakarta, karena 0,550 > 0,265 dan 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, Pemahaman Reinkarnasi, Drama Korea
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:55
Last Modified: 22 Feb 2019 01:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item