PENGARUH MOTIVASI PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @ELITAKERUDUNG TERHADAP RELIGIUSITAS MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

TIAS BEKTI NOVISARI, NIM. 14210046 (2018) PENGARUH MOTIVASI PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @ELITAKERUDUNG TERHADAP RELIGIUSITAS MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH MOTIVASI PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @ELITAKERUDUNG TERHADAP RELIGIUSITAS MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
14210046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @ELITAKERUDUNG TERHADAP RELIGIUSITAS MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
14210046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi saat ini yang telah mengalami kemajuan pesat hingga ke seluruh pelosok dunia hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap sebagian atau bahkan seluruh mahasiswi, jika melihat keadaan yang terjadi saat ini hampir seluruh mahasiswi telah memiliki gadget berbasis android yang mana dengan teknologi tersebut seorang mahasiswi tentu juga memiliki media sosial, salah satunya Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi penggunaan akun instagram @elitakerudung terhadap religiusitas mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Negeri Yogyakarta dari angkatan 2014-2017 yang berjumlah 150 dengan rincian Ilkom angkatan 2014 20 mahasiswi, angkatan 2015 40 mahasiswi, angkatan 2016 44 mahasiswi, angkatan 2017 46 mahasiswi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswi yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik sratified proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara motivasi penggunaan akun instagram @elitakerudung terhadap religiusitas xi mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta. Dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,876 < 2,002) dan nilai signifikan 0,067 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis nol (H0) diterima. Meskipun dalam hasil uji regresi linier sederhana terdapat besaran pengaruh sebesar 5,7% sehingga 94,3% kemungkinan besar dipengaruhi faktor lain yang bisa mempengaruhi religiusitas. Besaran pengaruh yang dihasilkan sangat kecil maka pengaruh tersebut tidak bisa dijadikan penentu secara signifikan dalam mempengaruhi religiusitas seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motif, Penggunaan Media, Religiusitas Mahasiswi
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:43
Last Modified: 25 Feb 2019 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33385

Actions (login required)

View Item View Item