PROSES PENYELESAIAN PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA OLEH DEBITUR KEPADA PIHAK KETIGA TANPA PERSETUJUAN KREDITUR (STUDI PUTUSAN NOMOR : 15/PID.SUS/2015/PN.PWR DAN PUTUSAN NOMOR : 17/PDT.G/2013/PN.PSR

RIDWAN JANUAR, NIM. 14340065 (2018) PROSES PENYELESAIAN PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA OLEH DEBITUR KEPADA PIHAK KETIGA TANPA PERSETUJUAN KREDITUR (STUDI PUTUSAN NOMOR : 15/PID.SUS/2015/PN.PWR DAN PUTUSAN NOMOR : 17/PDT.G/2013/PN.PSR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PENYELESAIAN PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA OLEH DEBITUR KEPADA PIHAK KETIGA TANPA PERSETUJUAN KREDITUR (STUDI PUTUSAN NOMOR : 15/PID.SUS/2015/PN.PWR DAN PUTUSAN NOMOR : 17/PDT.G/2013/PN.PSR)
14340065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROSES PENYELESAIAN PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA OLEH DEBITUR KEPADA PIHAK KETIGA TANPA PERSETUJUAN KREDITUR (STUDI PUTUSAN NOMOR : 15/PID.SUS/2015/PN.PWR DAN PUTUSAN NOMOR : 17/PDT.G/2013/PN.PSR)
14340065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Fidusia sering disebut hak milik secara kepercayaan, merupakan suatu bentuk jaminan atas benda-benda bergerak di samping gadai yang dikembangkan oleh yurisprudensi. Pada fidusia berbeda dengan gadai, yang diserahkan sebagai jaminan kepada kreditur adalah hak milik sedang barangnya tetap dikuasai oleh debitur, sehingga yang terjadi adalah penyerahan secara constitutum possessorium.dalam perjanjian dengan model fidusia ini sangat rentan terhadap adanya penyalahgunaan/itikad buruk dari debitur. Salah satu bentuk itikad buruk yang sering dilakukan oleh debitur dalam perjanjian pembiayaan dengan jaminan fidusia adalah dengan mengalihkan barang yang menjadi objek jaminan tanpa sepengetahuan kreditur. Proses penyelesaian pengalihan objek jaminan fidusia yang terjadi di tengah masyarakat dapat ditempuh melalui penyelesaian perdata dan pemidanaan. Pada putusan Pengadilan Negeri Pasuruan perkara Nomor: 17/PDT.G/2013/PN.Psr Hakim memutus debitur telah melakukan wanprestasi/cidera janji dan menghukum debitur untuk membayar sisa angsuran sebesar Rp. 62.076.000,- (enam puluh dua juta tujuh puluh enam ribu rupiah) dan menghukum tergugat atau siapapun yang menguasai objek jaminan fidusia untuk segera menyerahkan kepada penggugat dan menggunakan UU No. 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia sebagai dasar pertimabangan. Berbeda dengan putusan Pengadilan Negeri Purworejo perkara Nomor: 15/Pid.Sus/2015/PN.Pwr dimana hakim memutus debitur bersalah dan menghukum debitur dengan pidana penjara selama 10 bulan dengan menggunakan KUHP Pasal 372 terkait penggelapan sebagai dasar pertimbangan. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui proses penyelesaian mana yang lebih sesuai dengan asas-asas hukum yang ada di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) mengenai perbandingan putusan Pengadilan Negeri Purworejo perkara Nomor: 15/Pid.Sus/2015/PN.Pwr dan Putusan Pengadilan Negeri Pasuruan perkara Nomor: 17/PDT.G/2013/PN.Psr yang bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisa terhadap putusan hakim dan ditambah referensi lain seperti buku, jurnal dan Undang-undang yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pertimbangan hakim dalam putusan perkara nomor: 15/Pid.Sus/2015/PN.Pwr hanya mempertimbangkan unsur yuridis saja tanpa mempertimbangkan asas-asas hukum seperti asas lex spesialis derogat legi generali dan asas ultimum remidium. Berbeda dengan pertimbangan hakim dalam putusan perkara nomor: 17/PDT.G/2013/PN.Psr yang tidak hanya mempertimbangkan unsur yuridis saja tetapi juga mempertimbangkan asas ultimum remidium

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum Dr. RIYANTA, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Jaminan Fidusia, Pengalihan objek Jaminan Fidusia, Proses Penyelesaian
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:44
Last Modified: 25 Feb 2019 02:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item