PENGARUH MENONTON SINETRON “ORANG KETIGA” TERHADAP PERSEPSI ORANG KETIGA (Studi di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta)

Atiatul Afidah, NIM. 14210050 (2018) PENGARUH MENONTON SINETRON “ORANG KETIGA” TERHADAP PERSEPSI ORANG KETIGA (Studi di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON SINETRON “ORANG KETIGA” TERHADAP PERSEPSI ORANG KETIGA (Studi di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta))
14210050_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON SINETRON “ORANG KETIGA” TERHADAP PERSEPSI ORANG KETIGA (Studi di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta))
14210050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Media Sosial seperti facebook, instagram, twitter dan media online lain di Indonesia sedang banyak membicarakan mengenai Pelakor atau perebut laki orang. Media penyiaran publik juga menyajikan tontonan dan gosip dengan tema yang sama yaitu Pelakor atau Orang Ketiga. Setelah itu munculah istilah baru Pebinor atau perebut bini orang. Hal ini menjadi bahan perbicangan dan topik pembicaraan masyarakat umum. Stasiun televisi swasta di Indonesia yaitu SCTV memberikan sinetron dengan tema yang sedang hangat di masyarakat Indonesia yang berjudul Sinetron Orang Ketiga. Tidak selang lama media sosial facebook digemparkan dengan video pelabrakan seorang penyanyi dangdut asal Tulung Agung yang disebut-sebut sebagai pelakor. Tetapi sinetron Orang Ketiga SCTV menampilkan ide cerita yang unik dan beda dari sinetron lainnya yang ada di SCTV, tokoh yang menjadi orang ketiga diperankan protagonis. Santri pondok pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta yang juga sebagai mahasiswa di berbagai Universitas di Yogyakarta menyukai sinetron Orang Ketiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi santri terhadap orang ketiga yang dipengaruhi oleh adanya sinetron orang ketiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek media massa, menonton dan persepsi. Hasil penelitian yang didapatkan, Intensitas menonton santri dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sedang yaitu 62,7% dan persepsi terhadap orang ketiga pada kategori kurang menerima terhadap orang ketiga yaitu 72%. Hipotesis kerja (Ha) diterima dibuktikan dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel. Variabel menonton berpengaruh sebesar 9,6% terhadap persepsi santri. Semakin tinggi intensitas menonton akan berpengaruh terhadap persepsi yang samakin baik atau semakin menerima. Menerima yang dimaksud adalah memandang orang ketiga tidak dari salah satu sudut pandang kesalahan orang ketiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Sahlan, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sinetron Orang Ketiga, Persepsi, Santri
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:07
Last Modified: 25 Feb 2019 07:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33390

Actions (login required)

View Item View Item