HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON SINETRON JODOH WASIAT BAPAK DENGAN SIKAP SYIRIK MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Azzahra Maulida Tantri Goserira, NIM. 14210078 (2018) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON SINETRON JODOH WASIAT BAPAK DENGAN SIKAP SYIRIK MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON SINETRON JODOH WASIAT BAPAK DENGAN SIKAP SYIRIK MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14210078_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON SINETRON JODOH WASIAT BAPAK DENGAN SIKAP SYIRIK MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14210078_BAB II, III, IV (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Sinetron Jodoh Wasiat Bapak yang tayang di stasiun televisi ANTV menyuguhkan cerita tentang pelajaran hidup yang lekat unsur mistik dimana banyak memperkenalkan kejadian-kejadian yang kental akan unsur syirik, seperti pesugihan, pemanggilan roh halus, percaya pada benda tertentu tetapi dikemas secara ringan dengan dibumbui unsur komedi, sehingga mampu diterima baik oleh masyarakat. Penayangan pada jam prime time, pukul 19.00 WIB dengan durasi 1 jam, dapat membawa dampak bagi masyarakat yang memiliki intensitas dalam menonton sinetron tersebut. Sehingga memungkinkan adanya perubahan sikap yang timbul setelah menyaksikan tayangan-tayangan dengan intensitas tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara intensitas menonton sebagai variabel X (dependen) dengan sikap syirik sebagai variabel Y (independen). Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2015 yang pernah menonton sinetron Jodoh Wasiat Bapak sebanyak 36 responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Efek Media untuk pengujian hipotesa, peneliti menggunakan rumus koefisien korelasi yang diolah menggunakan IBM SPSS 15. Dari perhitungan ini didapatkan hasil korelasi yang menghasilkan nilai koefisien korelasi lebih besar dari r tabel yaitu 0,432 > 0,329 (N=36) dengan nilai signifikan 0,004. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara intensitas menonton sinetron “’Jodoh Wasiat Bapak’’ dengan sikap syirik mahasiswa/i Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2015 UIN Sunan Kalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh Sahlan, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, Sikap Syirik, Sinetron
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:42
Last Modified: 25 Feb 2019 07:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33393

Actions (login required)

View Item View Item