PRAKTIK PEMBIAYAAN BAIT AL-MĀL WA AT-TAMWĪL (BMT) SUNAN KALIJAGA TERHADAP NASABAH BERDASARKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN

SITI ASMANUNG CHOLIDA, NIM. 14340076 (2018) PRAKTIK PEMBIAYAAN BAIT AL-MĀL WA AT-TAMWĪL (BMT) SUNAN KALIJAGA TERHADAP NASABAH BERDASARKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PEMBIAYAAN BAIT AL-MĀL WA AT-TAMWĪL (BMT) SUNAN KALIJAGA TERHADAP NASABAH BERDASARKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN)
14340076_BAB-I_1V-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PEMBIAYAAN BAIT AL-MĀL WA AT-TAMWĪL (BMT) SUNAN KALIJAGA TERHADAP NASABAH BERDASARKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN)
14340076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Bait al-Māl Wa at-Tamwīl (BMT) Sunan Kalijaga merupakan salah satu lembaga keuangan yang berbentuk Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau disebut juga Koperasi Syariah yang telah memiliki 400 lebih nasabah pembiayaan. Dalam praktiknya, pembiayaan kepada nasabah terhitung banyak yang mengalami masalah dalam pengembalian. Sebanyak 80 lebih nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah. Hal ini dapat disebabkan salah satunya karena kurangnya penerapan prinsip kehati-hatian dalam analisis kelayakan terhadap nasabah yang mengajukan pembiayaan. Dalam penanganan hal tersebut, KSPPS Sunan Kalijaga juga perlu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyelesaikannya. Penelitian mengenai praktik pembiayaan BMT Sunan Kalijaga terhadap nasabah berdasarkan prinsip kehati-hatian ini, termasuk dalam penelitian jenis Penelitian Lapangan (Field Research). Dalam penulisannya, penelitian ini bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Dalam melaksanakan penelitian lapangan, peneliti menemukan bahwa kebanyakan kasus wanprestasi oleh nasabah adalah akibat kurang diterapkannya prinsip kehati-hatian. Khususnya dalam wilayah analisis pembiayaan terhadap nasabah saat pengajuan pembiayaan. Penyelesaian sengketa wanprestasi melalui berbagai bentuk, mulai dari pemberian surat peringatan hingga membantu menjualkan jaminan. Dapat pula dilakukan restructuring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: BMT, Prinsip Kehati-hatian, dan Wanprestasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:08
Last Modified: 26 Feb 2019 01:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33394

Actions (login required)

View Item View Item