UPAYA PENANGGULANGAN KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN DADU (STUDI KASUS DI POLRES GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2018)

NORMALITA BETY INDRIYATI, NIM. 14340091 (2018) UPAYA PENANGGULANGAN KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN DADU (STUDI KASUS DI POLRES GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2018). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANGGULANGAN KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN DADU (STUDI KASUS DI POLRES GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2018))
14340091_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANGGULANGAN KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN DADU (STUDI KASUS DI POLRES GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2018))
14340091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Perjudian merupakan salah satu penyakit masyarakat yang perlu dicegah dan ditanggulangi karena dampak dari pelaksanaanya adalah terganggunya ketertiban masyarakat. Praktik perjudian sudah menyebar sampai ke pelosokpelosok daerah terutama di Kabupaten Gunungkidul dan pelaku-pelaku perjudian tidak sedikit yang masih berumur sangat muda sampai yang berumur lanjut usia dengan ekonomi yang rendah sampai ekonomi yang tinggi. Sebagai aparat negara yang menjalankan fungsi penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat, Polisi bertugas untuk mencegah dan menanggulangi tindak pidana perjudian tersebut. Dengan ini penyusun tertarik mengkaji tentang upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan oleh kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana perjudian di wilayah Kabupaten Gunungkidul dan juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana perjudian di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-doktrinal yaitu hukum yang dikonsepsikan sebagai pranata riil dikaitkan dengan variabel-variabel. Adapun pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan yuridis empiris yaitu dengan mendekatkan masalah dengan melihat prinsip-prinsip hukum yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan dan kemudian dibandingkan dengan data yang di dapat secara langsung dari lapangan. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menganalisa dengan menggunakan data dan mendeskripsikan hasil wawancara yang diperoleh. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di wilayah hukum Polres Gunungkidul dengan mengambil data dan melakukan wawancara pihak kepolisian khususnya pada Satuan Reskrim yang menangani tindak pidana umum termasuk tindak pidana perjudian yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini. Hasil penelitian ini didapatkan penulis bahwa bentuk peranan kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana perjudian dapat dilihat dari upaya penanganggulangan yang dilakukan antara lain upaya pre-emptif berupa penyampaian pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) ke masjid-masjid, Bhayangkara pembina, keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) door to door, dan penyuluhan hukum di kantor desa/rumah tokoh masyarakat. Kemudian upaya preventif berupa patroli dan pengawasan secara rutin dan berkelanjutan. Dalam upaya represif pihak kepolisian secara bersama-sama dengan pihak kejaksaan dan pengadilan melakukan penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan penjatuhan sanksi pidana. Dalam rangka mencegah dan menanggulangi tindak pidana perjudian kendala yang dihadapi pihak Kepolisian terdapat pada substansi hukum, struktur hukum dan budaya hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Drs. H. Ratno Lukito, MA, DCL.
Uncontrolled Keywords: perjudian, penanggulangan, kendala Kepolisian
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:29
Last Modified: 26 Feb 2019 01:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33397

Actions (login required)

View Item View Item