FILM TELEVISI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan Menonton Film Televisi Kisah Nyata di Indosiar di Kalangan Ibu-Ibu Paguyuban Kepek 3, Timbulharjo, Sewon, Bantul)

Suci Wibowo, NIM. 14210102 (2018) FILM TELEVISI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan Menonton Film Televisi Kisah Nyata di Indosiar di Kalangan Ibu-Ibu Paguyuban Kepek 3, Timbulharjo, Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILM TELEVISI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan Menonton Film Televisi Kisah Nyata di Indosiar di Kalangan Ibu-Ibu Paguyuban Kepek 3, Timbulharjo, Sewon, Bantul))
14210102_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (FILM TELEVISI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan Menonton Film Televisi Kisah Nyata di Indosiar di Kalangan Ibu-Ibu Paguyuban Kepek 3, Timbulharjo, Sewon, Bantul))
14210102_BAB-II, III IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu media yang kehadirannya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan yang dukungan tampilan audio visual secara bersamaan sehingga komunikasi yang disampaikan menjadi efektif dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan kepuasan yang diharapkan (gratification sought) dengan kepuasan yang diperoleh (gratification obtained) setelah menonton film televisi Kisah Nyata di Indosiar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survai dengan alat bantu kuesioner yang dibuat dengan motif menggunakan media massa menurut Mc. Quail. Responden dari penelitian ini ialah Ibu-Ibu yang berada di wilayah Paguyuban Kepek 3, Timbulharjo, Sewon, Bantul yang menonton FTV Kisah Nyata di Indosiar dengan jumlah sampel 67 dari 207 populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil kuesioner diolah dengan SPSS kemudian dimasukkan ke dalam coding sheet secara manual kemudian dianalisis. Sedangkan untuk mengetahui kenjangan kepuasan kepuasan yang diharapkan dengan kepuasan yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy Palmgreen. Hasil dari perhitungan kesenjangan, diketahui bahwa FTV Kisah Nyata mampu memenuhi delapan jenis kebutuhan yang ditawarkan yakni angka kesenjangan <30% yakni pada kebutuhan mengetahui kisah-kisah hidup orang lain (11,94), memperoleh arti kehidupan (19,40%), memperoleh cara menyelesaikan masalah dengan bijak (17,91%), menemukan karakter yang sesuai (28,35%), menemukan sosok yang bisa dijadikan contoh (29,85%), mendapatkan bimbingan menjalani kehidupan (11,94%), memperoleh bahan pembicaraan dengan orang lain (20,89%), melupakan permasalahan yang dihadapi ( 22,38%). Untuk kebutuhan yang mampu tidak mampu dipenuhi FTV Kisah Nyata karena angka kesenjangan >30% ialah pada motif dapat berkumpul dengan keluarga dan teman (31,34%), memperoleh dapat mengisi waktu luang dan bersantai (35,82%), untuk memperoleh hiburan (35,82%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Televisi, film televisi, kesenjangan kepuasan
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Feb 2019 11:10
Last Modified: 26 Feb 2019 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum