ORGAN PERUSAHAAN DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT PUKATI NIAGA SEJAHTERA BONTANG - KALIMANTAN TIMUR

RORIANA DINDA PRAMUSINTA, NIM. 14340108 (2018) ORGAN PERUSAHAAN DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT PUKATI NIAGA SEJAHTERA BONTANG - KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (ORGAN PERUSAHAAN DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT PUKATI NIAGA SEJAHTERA BONTANG - KALIMANTAN TIMUR)
14340108_BAB I, IV-atau-V_ DAFTAR-PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ORGAN PERUSAHAAN DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT PUKATI NIAGA SEJAHTERA BONTANG - KALIMANTAN TIMUR)
14340108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hadirnya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT 2007) menjadi ketentuan dasar bagi setiap pendirian dan pengoperasional seluruh perusahaan di Indonesia dalam bidang usahanya masingmasing. Salah satu yang menjadi syarat pendirian suatu perseroan terbatas adalah adanya organ perusahaan sesuai dengan bunyi Pasal 1 angka 2 UUPT 2007 yang terdiri dari RUPS, Direksi, dan Dewan Komisaris. Kehadiran organ perusahaan ini bersifat wajib untuk dapat melaksanakan pengelolaan perseroan. Selain organ perusahaan, untuk mendukung terciptanya efisiensi dan keefektifan kegiatan usaha, setiap perusahaan atau perseroan juga diwajibkan untuk memenuhi prinsipprinsip Good Corporate Governance. Prinsip ini diakomodir juga dalam penjelasan Pasal 4 UUPT 2007. Penulis dalam skripsi ini merumuskan 2 (dua) rumusan masalah yaitu pertama bagaimana kelengkapan organ perusahaan serta tata kelola perusahaan PT. Pukati Niaga Sejahtera ditinjau dari ketentuan UUPT 2007 dan bagaimana wujud implementasi dari prinsip-prinsip Good Corporate Governance di perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah yuridis-empiris, yaitu merupakan bentuk suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan diaplikasikan atau diwujudkan dalam kehidupan yang sehari-hari. Metode ini didukung pula dengan jenis penelitian field research yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara dengan PT. Pukati Niaga Sejahtera. Untuk menganalisa data penulis juga menggunakan beberapa teori yaitu teori fiksi, teori kekayaan bersama, Corporate Governance serta prinsip-prinsip Good Corporate Governance. PT. PNS telah memenuhi persyaratan pendirian perusahaan dengan melengkapi organ perusahaan yang terdiri dari RUPS, Direksi, dan Dewan Komisaris. Selain itu, PT PNS juga telah melaksanakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance namun tidak secara utuh, ada beberapa prinsip yang tidak ditaati oleh PT. PNS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.HUM 2. PROF. DR. EUIS NURLAELAWATI, M.A.
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, Organ Perusahaan, Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Feb 2019 09:05
Last Modified: 27 Feb 2019 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum