PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “BAHASA ARAB BERBASIS AKTIFITAS KURIKULUM 2013“ DIKELAS VIIA MTs N 4 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Ahmad ‘Afif Muzayyin, NIM: 11420026 (2018) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “BAHASA ARAB BERBASIS AKTIFITAS KURIKULUM 2013“ DIKELAS VIIA MTs N 4 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “BAHASA ARAB BERBASIS AKTIFITAS KURIKULUM 2013“ DIKELAS VIIA MTs N 4 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420026_BAB-I_IV-DAFTAR-PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “BAHASA ARAB BERBASIS AKTIFITAS KURIKULUM 2013“ DIKELAS VIIA MTs N 4 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420026_BAB II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah problem mendasar yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran sebagai akibat dari minimnya penguasaan guru dalam penggunaan berbagai strategi, metode pembelajaran, bahan ajar, dan sumber belajar mutakhir. Dalam proses belajar mengajar, buku ajar adalah salah satu sumber pembelajaran bagi peserta didik yang merupakan alat pendidikan fungsional, dimana dengan membaca buku, anak secara langsung maupun tidak langsung dapat memperoleh nilai-nilai positif bagi pembentukan dirinya. Oleh karenanya penggunaan modul dalam pembelajaran adalah salah satu upaya guru dalam mensifati problem mendasar yang kini telah dihadapi dunia pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs N 4 Gunungkidul tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan teknik induktif. Metode penelitian ialah metode kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan modul “Bahasa Arab Berbasis Aktifitas Kurikulum 2013” dikelas VIIA MTs N 4 Gunungkidul telah diupayakan secara optimal. Dimana seorang guru bahasa Arab membuat perencanaan pembelajaran secara maksimal dengan didukung strategi dan metode serta media yang bervariasi, inovatif, dan menyenangkan. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media modul “Bahasa Arab Berbasis Aktifitas Kurikulum 2013“ adalah : Dukungan sekolah dengan menjadikan modul “Bahasa Arab Berbasis Aktifitas Kurikulum 2013“ sebagai salah satu bahan ajar pelajaran bahasa Arab, tersedianya modul “Bahasa Arab Berbasis Aktifitas Kurikulum 2013“ pada siswa, bimbingan guru bahasa Arab yang menjadi tempat peserta didik untuk untuk bertanya, cara belajar peserta didik, dan kemampuan berprestasi peserta didik, tingkat kemampuan pemahaman peserta didik yang beragam, kedisiplinan peserta didik, fasilitas yang disediakan dalam kelas, dan kesempatan belajar serta terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Uncontrolled Keywords: bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:14
Last Modified: 20 Mar 2019 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33424

Actions (login required)

View Item View Item