Muqaranah mawad al qawa'id al nahwiyyah wa tatbiqiha bayna kitab al tuhfah al thaniyyah wa al nahwi al wadih

M. Iqbal Akbar, NIM. 11420072 (2018) Muqaranah mawad al qawa'id al nahwiyyah wa tatbiqiha bayna kitab al tuhfah al thaniyyah wa al nahwi al wadih. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Muqaranah mawad al qawa'id al nahwiyyah wa tatbiqiha bayna kitab al tuhfah al thaniyyah wa al nahwi al wadih)
11420072_BAB I, IV DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (Muqaranah mawad al qawa'id al nahwiyyah wa tatbiqiha bayna kitab al tuhfah al thaniyyah wa al nahwi al wadih)
11420072_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

M Iqbal Akbar (11420072), “muqoronah mawad al-qowa’id al-nahwiyah wa tathbiqhiha baina kitab al-tuhfah al-saniyah wa al-nahwi al-waadhihi”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kandungan materi antara buku al-Tuhfah al-saniyah dan Al-Nahwu Al-Wādih dan juga untuk mengetahui keterkaitan materi-materi qowāid antara kedua buku tersebut. Dalam hal ini diharapkan menjadi Karya Tulis Ilmiah guna menambah wawasan pengetahuan bagi para pendidik dalam bidang pengajaran dan sebagai kontribusi positif untuk meningkatkan pengajaran Bahasa Arab khususnya dalam kemahiran qowāid. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan dua sumber data, yaitu: kitab al-tuhfah al-saniyah karangan Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid, Al-Nahwu Al-Wādih karangan ‘Ali Al-Jārim dan Musṭafa Amȋn sebagai sumber data primer serta beberapa buku al-tuhfah al-saniyah baik versi Indonesia maupun Arab dan juga Al-Nahwu Al-Wādih atau segala hal yang mendukung penelitian ini sebagai sumber data sekunder. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode dokumentesi maupun eksplorasi terhadap data-data tertulis seperti buku-buku, rekaman, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data-data lalu membandingkannya hingga memperoleh sebuah kesimpulan akan ada atau tidaknya sifat interkonektif antar materi dalam kedua buku ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Secara keseluruhan bahwa setiap materi yang terdapat dalam buku al-tuhfah al-saniyah telah dipaparkan kembali dalam Al-Nahwu Al-Wādih. 2). Secara garis besar buku al-tuhfah al-saniyah menggunakan sistematika pengurutan dan penyajian materi qowāid sebagaimana terdapat dalam buku Al-Nahwu Al-Wādih, dengan demikian materi qowāid dalam buku al-tuhfah al-saniyah bersifat interkonektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: qowāid, al-tuhfah al-saniyah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:15
Last Modified: 20 Mar 2019 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum